Sukses

Ini Dia Negara Bebas Utang di Dunia

Hampir semua negara di dunia memiliki utang dengan rasio utang terhadap GDP yang berbeda-beda.

Liputan6.com, New York - Hampir semua negara di dunia memiliki utang dengan rasio utang terhadap GDP yang berbeda-beda. Termasuk Indonesia, yang juga punya utang. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatatkan total nilai utang pemerintah pusat hingga posisi November 2016 sebesar Rp 3.485,36 triliun.

Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, China, Jepang pun memiliki utang negara yang sangat besar. Hanya sedikit negara yang bebas utang, alias tidak memiliki sepeser pun utang pada pihak manapun.

Kebanyakan adalah negara-negara kecil. Nah, negara mana saja? Berikut daftar negara yang tidak memiliki utang seperti dilansir dari highestearning, Senin (9/1/2017).

1. Macau

Macau adalah surga bagi para penjudi di Asia. Bahkan orang menyebut Las Vegasnya China. Negara kecil tetangga dari Hong Kong ini disebut sebagai salah satu negara yang tak memiliki utang.

Menurut Ecnonomist Intelligence Unit (ENU), Macau dipercaya menghasilkan US$ 40 miliar per tahun di 2013. Naik 19 perssen dari tahun sebelumnya. Macau memiliki populasi 557.672 jiwa.

2. British Virgin Island

Sebuah wilayah non-berdaulat Inggris, juga dikenal sebagai 'Virgin Islands' memiliki sistem pemerintahan yang independen. Negara ini juga mencuat saat ada kasus Panama Papers di mana banyak orang membuat perusahaan di negara ini. Selain tak punya utang, British Virgin Island adalah negara bebas pajak.

Negara ini juga adalah yang terkaya di Kepulauan Karibia. Salah satu hal menarik dari British Virgin Island adalah Anda tak perlu visa untuk datang ke sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Liechtenstein


3. Liechtenstein

Negara ini memiliki populasi 35 ribu orang dan berlokasi di perbatasan Austria dan Swiss. Luasnya hanya 62 mile persegi dan menjadukannya negara terkecil keenam di dunia.

Di dunia, negara ini juga berada di peringkat kedua dengan angka pengangguran terendah. Tak hanya itu, Liechtenstein juga punya ekonomi yang kuat, dengan GDP per orang mencapai US$ 95 ribu.


4. Palau

Palau adalah negara kepulauan yang memiliki 300 pulau. palau juga dikenal sebagai surga bagi turis yang hobi snorkeling. Populasi dari negara bebas utang ini hanya 21 ribu orang. Penduduknya beragam, yaitu 70 persen warga asli Pulaun, 15 persen orang Filipina, 5 persen orang China, 2 persen kulit putih dan 8 persen Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.