Sukses

Cara Cetak Lebih Banyak Uang Buat Pekerja Lepas

Tak harus datang ke kantor dan tak terikat dengan jadwal kerja Nine to Five adalah beberapa alasan seseorang memilih menjadi freelancer.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak harus datang ke kantor dan tidak terikat dengan jadwal kerja Nine to Five adalah beberapa alasan seseorang lebih memilih menjadi freelancer daripada karyawan.

Menjadi pekerja lepas atau biasa disebut freelancer memang memiliki keistimewaan tersebut. Namun profesi ini juga memiliki kekurangan karena tidak mendapatkan asuransi dari kantor dan penghasilan tidak tetap.

Meski tidak memiliki penghasilan tetap, sangat mungkin untuk menghasilkan uang lebih banyak daripada saat menjadi karyawan. Gunakan tips berikut untuk menjadi superstar freelancer seperti dikutip dari CekAja.com:

Punya pencitraan bagus

Tidak hanya politisi, freelancer juga harus memiliki pencitraan yang bagus untuk mendapatkan kepercayaan klien. Pencitraan tersebut dibangun dengan membuat portofolio. Semakin besar klien yang ingin Anda dapatkan, maka harus semakin menarik juga portofolionya. Supaya makin profesional, buatlah portofolio online.

Jangan hanya membuat situs dan mencemplungkan semua karya Anda di sana, tapi gunakan situs tersebut untuk menonjolkan karya terbaik dan menjabarkan pengalaman.

Cara untuk mendapatkan uang lebih banyak: Jangan lupa kirimkan tautan portofolio pada klien. Tidak perlu mengunggah CV dengan ukuran besar, calon klien tinggal mengklik link untuk bisa menilai Anda. (Baca juga: Punya Tabungan 100 juta Habis dalam Sehari, Ini Sebabnya)

Jangan mau dikalahkan ketakutan

Klien pasti berharap mendapatkan yang terbaik dengan mempekerjakan Anda. Jadi ketika mendapat email balasan dengan pertanyaan: Apa yang bisa Anda berikan? Jangan takut, menurut survei situs Couponbox di Amerika, sebanyak 21 persen orang dewasa mengaku takut gagal sebagai ketakutan paling utama.

Cara untuk mendapatkan uang lebih banyak: Menjadi superstar freelance adalah tentang mengambil risiko dan tantangan. Semakin menantang sebuah project dan semakin baik Anda mengesekusinya, semakin bagus pula pencitraan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahu prioritas

Tahu prioritas

Tidak ada yang namanya kesempatan yang buruk. Tapi kesempatan A mungkin lebih baik daripada kesempatan B.
Cara untuk membuat uang lebih banyak: Ketika bekerja untuk beberapa klien sekaligus, Anda bisa membuat prioritas berdasarkan klien mana yang membayar lebih besar.

Ketika Anda merasa kewalahan, pilih cara ini untuk memilih prioritas berdasarkan kerja sama mana yang paling menguntungkan jangka panjang.

Ketahui harga dan kemampuan

Sebagai seorang freelancer, memang sulit untuk menolak kesempatan yang datang. Tapi ketika Anda butuh bayaran tinggi dan tidak mampu melakukan banyak pekerjaan, pilih yang menawarkan bayaran paling besar.

Mengambil project melelahkan tapi tidak mendapatkan bayaran yang pantas hanya akan membuat Anda frustrasi tapi membuat Anda tidak mampu mengambil kesempatan project lain.

Cara untuk membuat uang lebih banyak: Pertimbangkan 1x24 jam sebelum mengambil proyek dengan klien baru. Bedah keuntungan dan kerugian setiap pekerjaan yang ditawarkan agar hidup Anda juga seimbang. (Baca juga: Cara agar Tahun Depan Anda Lebih Bahagia di Tempat Kerja)

3 dari 3 halaman

Tahu prioritas



Tetapkan harga tinggi

Jangan ragu untuk menetapkan harga tinggi terhadap jasa Anda, apalagi kalau Anda memang sudah sangat berpengalaman. Misalnya jika Anda berprofesi sebagai freelance writer, Anda menetapkan harga per kata lebih tinggi di atas standar. Mungkin Anda merasa harga tersebut terlalu tinggi, tapi tenang saja karena harga tersebut akan ditawar oleh klien.

Masalahnya freelancer seringkali tidak berani mematok harga tinggi supaya lebih mudah mendapatkan klien. Dan ini merupakan pemikiran yang salah kalau Anda ingin menjadi superstar freelancer.

Cara untuk membuat uang lebih banyak: proyek datang dengan beragam tingkat kesulitan. Jadi jangan membuat jasa Anda dalam satu harga. Ketika Anda sering menangani proyek yang sama, mulailah menetapkan harga tinggi karena sudah memiliki portofolio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.