Sukses

Siapkan Belanja Modal Rp 300 M, Bank Jatim Incar Infrastruktur

Beberapa sektor pembiayaan yang akan difokuskan Bank Jatim antara lain pembangunan infrastruktur di wilayah Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Jatim Tbk akan fokus pada pengembangan bisnis di Jawa Timur pada tahun ini. Upaya mewujudkannya, perusahaan menyiapkan anggaran belanja modal hingga Rp 300 miliar.

Sebelumnya Bank Jatim berkonsentrasi pada pengembangan kantor-kantor cabang di berbagai wilayah Indonesia.

Fokus bisnis tersebut dilakukan untuk menigkatkan kinerja perusahaan, terutama dalam perbaikan rasio kredit bermasalah (NPL) yang pada pembukuan sepanjang 2016 naik.

‎Direktur Utama Bank Jatim ‎R Soeroso mengaku beberapa sektor pembiayaan yang akan difokuskan perusahaan adalah dalam hal infrastruktur di wilayah Jawa Timur.

"Untuk itu tahun ini kita anggarkan capex senilai Rp 300 miliar, itu akan kita arahkan untuk pembangunan di wilayah Jawa Timur," kata Soeroso di Jakarta, Senin (9/1/2017).

‎Awal tahun ini, Bank Jatim akan mengucurkan pinjaman untuk pembangunan Rumah Sakit Muahammadiah senilai Rp 500 miliar. Selanjutnya, juga ada pembangunan Kampus Universitas Airlangga senilai Rp 150 miliar.

Tak hanya itu, beberapa proyek besar yang disasar oleh BPD ini seperti pembangunan RS Doktor Soepomo di Surabaya senilai Rp 1,5 triliun. "Jadi kita akan garap proyek yang dananya dari APBD, dan juga kita coba kembangkan hingga ke proyek SKPD nya," tegas dia.

Sementara itu, proyek lain yang memiliki potensi untuk didanai Bank Jatim, Soeroso mengungkapkan adalah pembangunan Bandara di Malang Selatan dan Pelabuhan di Probolinggo.

Dengan berbagai rencana bisnis tersebut, Bank Jatim mentargetkan laba tahun depan sebelum pajak akan meningkat  sekitar 10 persen, dari Rp 1,45 triliun menjadi Rp 1,59 triliun. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.