Sukses

Pakai Cara Ini untuk Lindungi Kendaraan dari Aksi Pencurian

Agar kendaraan Anda tidak dijadikan mangsa pencuri, maka Anda perlu melakukan beberapa hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pencurian kendaraan bermotor seakan tidak pernah sepi. Berbagai cara dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab dalam melancarkan aksinya untuk menggondol kendaraan orang lain.

Biasanya modusnya dengan cara mencongkel hingga yang paling menyeramkan mencegat dan mengancam di tengah jalan. Agar kendaraan Anda tidak dijadikan mangsa pencuri, maka Anda perlu melakukan beberapa hal berikut seperti dikutip dari CekAja.com:

Gunakan alat keamanan tambahan

Alarm mobil berbunyi nyaring ketika ada aktivitas tidak lazim memang merupakan standar keamanan mobil. Meski demikian, maling masa kini kerap berhasil mengakali alarm. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa memasang teknologi GPS Tracking. (Baca juga: 6 Mobil Baru Tahun 2017 yang Harganya Kurang dari Rp 100 Juta)

Jangan memarkir atau melalui jalan sepi

Ketika bepergian, pilih tempat parkir yang ramai. Hindari juga melalui jalanan sepi saat sudah larut malam. Jika harus memakirkan mobil di jalan yang sepi, jangan tinggalkan barang berharga dan STNK di dalam mobil. Anda bisa rugi duka kali kalau maling berhasil menggondol mobil beserta surat-surat berharganya.

Memakai kunci setir

Jangan lupa gunakan kunci setir meskipun Anda memarkir mobil di tempat yang dikira aman sekalipun. Kunci setir cukup efektif dan membuat maling frustrasi dalam menjebolnya. Ketika sudah tahu mobil incarannya dikunci setir, maling bakal berpikir dua kali untuk beraksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci stang ke kanan



Kunci stang ke kanan

Aksi Curanmor (pencurian motor) acapkali terjadi hanya dalam waktu singkat. Pelaku tidak butuh waktu lama untuk membawa kabur motor korban. Bagi Anda pengendara motor, mulai sekarang hilangkan kebiasaan mengunci stang menghadap sebelah kiri.  Biasakan untuk mengunci stang dengan menghadap ke sebelah kanan.

Kunci stang ke sebelah kanan ini merupakan fitur Secure Key Shutter yang menyulitkan maling untuk membobol stang motor. Sayangnya saat ini hanya beberapa motor jenis tertentu saja yang bisa dikunci stang dengan menghadap ke sebelah kanan. (Baca juga: 4 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas)

Pakai asuransi kendaraan

Terkadang risiko mengenaskan seperti kehilangan mobil atau motor tidak dapat dihindari. Untuk itu, sangat penting untuk melindungi kendaraan dengan asuransi kendaraan. Sehingga apabila Anda harus  tertimpa nasib buruk dan harus kehilangan kendaraan, Anda bakal mendapatkan tanggungan dari pihak asuransi terkait kerugianmu tersebut.

Asuransi kendaraan juga melindungi mobil saat rusak, mengalami kecalakaan tunggal, atau menabrak kendaraan orang lain. Asuransi kendaraan akan mengganti biaya perbaikan dari kendaraan yang Anda tabrak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.