Sukses

Bupati di Papua Ini Semringah Pemerintah Kembangkan Tol Udara

Pemerintah daerah khususnya Papua mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah daerah khususnya Papua mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, Jokowi aktif mendorong distribusi barang melalui pengembangan tol laut dan tol udara.

Bupati Mamberamo Raya, Papua Dorinus Dasanipa mengatakan Presiden memberikan perhatian lebih pada pengembangan Papua.

"Presiden Jokowi menyampaikan tol laut dan udara, jembatan udara bisa dilaksanakan di sana, bandara di sana bisa diperhatikan pemerintah," kata dia di Kantor Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub), di Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Dia mengatakan, kondisi masyarakat khususnya di pedalaman Papua tertinggal. Wilayah geografis yang terletak di perbukitan membuat pasokan barang sulit sampai di pedalaman.

"Saya berterima kasih Kemenhub melakukan diskusi ini untuk bisa tahu kondisi daerah di sana sebenarnya," kata dia.

Dia mengatakan, karena wilayah yang sulit ditembus itu pula membuat harga barang menjadi mahal.

"Harga barang yang di Papua sangat mahal, diharapkan pemerintah untuk bisa melihat kondisi riil, ada tiga, udara bisa, sungai bisa, darat juga bisa," ungkap dia.

Dari bahan persentasi yang dia paparkan, saat ini alat transportasi yang tersedia dari dan ke Kabupaten Mambero Raya antara lain transportasi udara, laut, dan sungai.

Di udara terdapat penerbangan reguler tiga kali seminggu Sentani-Kasonaweja PP dan non reguler. Transportasi laut ada angkutan laut perintis dengan rata-rata tiga kali sebulan dan angkutan barang. Sementara transportasi sungai merupakan transportasi nonreguler.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.