Sukses

AP II Perkirakan Bandara Depati Amir Tampung 2 Juta Orang di 2017

Ada kenaikan jumlah penumpang di Bandara Depati Amir dari 1,6 juta orang menjadi 1,9 juta orang pada tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II memprediksi jumlah penumpang di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka, bakal meningkat menjadi 2 juta orang pada 2017. Kapasitas penumpang di terminal baru Bandara Depati Amir sendiri bisa mencapai 1,5 juta orang.

GM PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Eko Prihadi menuturkan, ada kenaikan jumlah penumpang dari 1,6 juta orang menjadi 1,9 juta orang pada tahun lalu. Kenaikan jumlah penumpang tersebut didorong dari sejumlahkegiatan pariwisata, olahraga dan militer.

"Pada 2016 ada beberapa kegiatan sehingga peningkatan cukup tinggi. Kegiatan berkaitan dengan pariwisata.Kemudian ada kegiatan di Sungailiat yaitu penyelenggaraan triathlon. Juga ada kegiatan taruna akademi militer yang di pusatkan di Bangka Belitung ada lebih dari 2.000 peserta," jelas Eko, saat ditemui pada acara soft opening Bandara Depati Amir, Rabu (11/1/2017).

Lebih lanjut ia menuturkan, ada kegiatan pariwisata, olahraga dan lainnya yang mendukung kenaikan jumlah penumpang. Hal itu lantaran pertumbuhan ekonomi Bangka cenderung lebih rendah pertumbuhan ekonomi nasional. Pertumbuhan ekonomi provinsi Bangka Belitung tercatat sekitar 3,99 persen secara year on year pada kuartal III 2016.

"Ini semacam anomali. Kita ketahui pertumbuhan ekonomi di Bangka lebih rendah dari nasional.Ini membuktikan penumpang angkutan udara elastisitas bisa dua kali," ujar Eko.

Dengan melihat potensi pariwisata dan perdagangan di Bangka, serta pengoperasian terminal baru Bandara Depati Amir maka kapasitas penumpang diprediksi menjadi dua juta penumpang pada 2017. Eko menuturkan, sebagian besar penumpang berasal dari Jakarta, Batam,Palembang dan Tanjung Pandan. Selain itu, pihaknya juga memperkirakan ada penambahan rute baru.

Suasana di ruang tunggu terminal baru Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bangka, Rabu (11/1/2017).

"Saat ini lagi marak ke Bandung. Slot ke Bandung belum ada. Diharapkan supaya bisa terbang langsung ke Bandung karena ada permintaan dari pasar. Penumpang tadinya ke Jakarta dulu baru ke Bandung,"kata dia.

Ia mengatakan, adanya permintaan rute ke Bandung tersebut kemungkinan ada perjalanan bisnis dan pendidikan.

Terkait soft opening terminal baru bandara Depati Amir pada hari ini, salah satu penumpang Muhammad Yadi mengharapkan bandara Depati Amir dapat menyediakan fasilitas yang menjamin kenyamanan untuk masyarakat.

Ia bersama istrinya Susanti baru tiba dari bandara di Palembang pertama kali merasakan terminal baru Depati Amir. Ia juga mengharapkan bandara Depati Amir dapat membuka rute untuk penerbangan internasional. "Fasilitas ke depan tambah maju dan menjamin ke masyarakat," ujar dia. (Ahm/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini