Sukses

Mau Pensiun Dini? Persiapkan Dulu 5 Hal Ini

Di usia yang masih muda, pekerja yang memilih untuk pensiun dini akan mendapatkan banyak kesempatan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menghabiskan sebagian besar waktu yang dimiliki untuk bekerja sering kali berakibat pada kejenuhan dan turunnya semangat sehari-hari. Maka tak heran, kini banyak pekerja yang mendambakan bisa pensiun dini.

Di usia yang masih muda, pekerja yang memilih untuk pensiun dini masih memiliki kesempatan untuk memulai usaha baru. Pensiun dini juga memberikan manfaat lain seperti hemat biaya kesehatan karena tidak mengalami stres yang terlalu besar akibat bekerja, kurang tidur, atau kurang waktu berolahraga.

Meski menggiurkan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengambil pensiun dini. Apa saja? Berikut lima halnya dilansir dari telegraph.co.uk, Kamis (12/1/2017)

1. Punya target usia

Sebelum memutuskan untuk mengambil pensiun dini, pastikan Anda sudah tau dengan jelas target usia yang ingin dicapai. Apakah Anda ingin pensiun dini di usia 40 atau 45 tahun. Dengan begini, Anda bisa merencanakan dengan jelas persiapan finansial yang dibutuhkan sebelum usia tersebut datang.

2. Tahu biaya hidup

Selain menentukan target usia, Anda juga harus menghitung biaya hidup yang diperlukan di masa yang akan datang. Jangan lupa untuk menyesuaikan biaya tersebut dengan tingkat inflasi yang ada.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekstra menabung

3. Ekstra menabung

Setelah memiliki jangka waktu dan target biaya hidup, sekarang saatnya Anda untuk menabung dengan ekstra. Biasakan dengan gaya hidup sederhana, dan kurangi pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Uang sisa yang dimiliki bisa Anda salurkan untuk tabungan masa pensiun Anda.

4. Rencanakan penggunaan dana pensiun dengan bijak

Beberapa perusahaan menawarkan uang pesangon yang akan diberikan bagi mereka yang ingin mengambil pensiun dini. Walau membantu, Anda juga harus bisa menggunakan uang tersebut secara bijak. Akan sangat baik apabila Anda membuat rencana terlebih dahulu akan penggunaan uang pensiun.

5. Memiliki pendapatan pengganti

Hal satu ini juga cukup penting. Setelah Anda pensiun dini, bukan berarti Anda tinggal duduk manis menikmati dana segar yang Anda dapatkan. Anda juga tetap harus memikirkan darimana sumber penghasilan yang akan didapat di masa yang akan datang.

Penghasilan ini bisa datang dari investasi yang Anda buat, atau mungkin Anda mengumpulkan uang dari bisnis yang dijalankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.