Sukses

Kunjungan PM Shinzo Abe Tak Ganggu Hubungan RI-Tiongkok

Kedua negara tersebut selama ini bersaing untuk sejumlah proyek di Indonesia seperti kereta cepat Jakarta-Bandung.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman‎ Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan kunjungan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe ke Indonesia tidak akan merusak hubungan Indonesia dengan Tiongkok. Kedua negara tersebut selama ini bersaing untuk sejumlah proyek di Indonesia seperti kereta cepat Jakarta-Bandung.

Luhut menyatakan, pemerintah Indonesia tidak memiliki permasalahan dengan pemerintah Tiongkok. Namun sebagai negara yang terbuka, Indonesia juga perlu memperluas kerja sama dengan negara lain.

"Tidak, kami tidak memiliki masalah dengan Tiongkok. Kita masih berteman baik dengan Tiongkok. Tetapi yang satu ini telah dibahas secara intensif dengan Jepang," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Luhut juga menyatakan, selama ‎ini Indonesia telah bekerjasama baik dengan Jepang, khususnya dalam bidang ekonomi. Sebagai bukti, Jepang masih menempati urutan ke-2 sebagai negara investor bagi Indonesia.

"Jika anda melihat sekarang jumlah investasi perusahaan Jepang di Indonesia adalah nomor 2 setelah Singapura dan jika kita melihat ukuran proyek sekarang dan pembangkit listrik, saya pikir 48 persen IPP milik perusahaan Jepang," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Negara Sakura, Jepang, pada periode 2006-2007 dan terpilih kembali di tahun 2012.
    Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Negara Sakura, Jepang, pada periode 2006-2007 dan terpilih kembali di tahun 2012.

    Shinzo Abe