Sukses

Restorasi Kawasan Budidaya, Jokowi Tekankan 4 Hal

Presiden Jokowi menegaskan sedikitnya ada empat langkah yang harus dilakukan agar kawasan budidaya produktif.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penanganan lahan gambut khususnya kawasan budidaya digarap dengan serius. Sedikitnya ada empat langkah yang harus dilakukan agar kawasan budidaya ini produktif.

Pertama sosialisasi dan edukasi kepada warga harus digencarkan. Mengingat banyak juga warga yang tidak memiliki cukup pengetahuan untuk mengelola lahan gambut.

"Kedua kita mintakan swasta maupun BUMN pemegang konsesi diwajibkan untuk terlibat dalam restorasi lahan gambut ini," kata Jokowi saat rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Selain itu, penegakkan hukum juga tidak boleh dianggap sebelah mata. Hukuman yang tegas bagi mereka yang melanggar aturan juga evaluasi.

Izin konsesi yang telah dikeluarkan bagi para pembakar hutan maupun pelaku alih fungsi kawasan yang telah ditetapkan sebagai sebagai kawasan lindung lahan gambut.

"Keempat saya minta semua kebijakan maupun perizinan yang dikeluarkan oleh Kementerian terutama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Pertanian dalam pemanfaatan area di kawasan ekosistem gambut harus betul-betul menjaga fungsi hidrologis gambut dan juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.