Sukses

6 Cara Ini Bantu Anda Menabung Uang Lebih Banyak

Liputan6.com, Jakarta - Menabung mungkin bagi sebagian orang adalah sesuatu yang sulit dilakukan, terlebih bila punya banyak utang dan cicilan bulanan. Saat mendapat gaji pun banyak orang yang bisa mempertahankannya hanya satu atau dua minggu ke depan.

Bahkan mirisnya hanya beberapa hari saja, selanjutnya gaji sudah habis, lalu untuk melanjutkan hidup harus berutang dan pakai kartu kredit lagi.

Dengan dalih kondisi dan keadaan yang membuat uang cepat habis, padahal yang benar adalah, bagaimana cara Anda menyimpan uang! Terutama, jika bersedia mendisiplinkan diri dan mengubah kebiasaan lama.

Bagian tersulit untuk bisa membiasakan diri menabung memang ketika ingin memulainya, tetapi percayalah setelah melewatinya dan terbiasa, Anda pun akan menyadari betapa mudahnya untuk melakukan hal itu.

Melansir laman Emtv, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menyimpan uang lebih banyak:

Menghitung pengeluaran

Langkah pertama saat ingin menyimpan uang adalah cari tahu berapa banyak uang yang dihabiskan setiap bulannya dan untuk apa saja uang tersebut digunakan.

Menghitung pengeluaran mungkin hal sepele, tapi sebenarnya ini hal yang penting. Misalnya Anda seorang perokok, hitung berapa banyak dalam sehari menghabiskan rokok. Atau untuk makan, jajan, ongkos, bensin, dan lain-lain berapa yang dikeluarkan setiap harinya. Karena bisa saja ada pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Buat Anggaran

Setelah bisa menghitung perkiraan pegeluaran sehari-hari, mulai susun anggaran belanja yang bisa diterapkan selanjutnya. Anggaran yang dibuat setidaknya harus menjelaskan detail rencana belanja keperluan yang dibutuhkan.

Kelemahan sebagian orang kadang hal-hal tak terduga seperti isi ulang gas, cuci mobil atau motor jarang dimasukkan dalam anggaran, karenanya belanja hal-hal seperti itu juga harus dimasukkan.

Langkah Penghematan

Ketika selesai menguraikan anggaran, saatnya rencanakan untuk menabung. Masukkan dalam anggaran berapa uang yang akan ditabung. Anda harus menetapkan tujuan tabungan setidaknya 10 sampai 15 persen dari penghasilan yang didapat.

Jika pengeluaran sehari-hari dirasa terlalu tinggi sehingga tidak memungkinkan bisa menabung, maka inilah waktunya untuk memotong beberapa pengeluaran, misalnya: membatasi yang tidak perlu, seperti mengurangi jajan di luar atau membawa bekal makanan saat ke kantor dan hal-hal lain yang sebenarnya tidak perlu. Cobalah bersikap tegas dengan diri sendiri.

1 dari 2 halaman

Hemat bersama teman

Berhemat bersama teman

Tapi hal ini akan sulit dilakukan jika Anda berada di antara orang-orang yang punya hobi menghabiskan uang. Cari dan temukan teman yang juga senang berhemat. Anda dapat berbagi tips, mendorong satu sama lain, bagaimana agar bisa melakukan penghematan.

Atau mungkin Anda bahkan bisa berkompetisi dengannya seperti berlomba siapa yang bisa menabung banyak bulan ini, tentu ini adalah hal yang positif.

Mengubah kebiasaan boros

Perubahan kecil bisa membuat perbedaan besar untuk jumlah saldo di rekening bank Anda. Misalnya mengubah satu hal yang biaasnya rutin dilakukan sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Beberapa contoh seperti tidak minum kopi, merokok atau minuman ringan, memang sepertinya mustahil dilakukan, tapi itu akan menghemat pengeluaran, selain itu akan menyehatkan badan juga.

Membawa bekal makan siang dari  rumah jauh lebih hemat daripada  membelinya di restoran atau warung makan. Mulailah buat target untuk menabung.

Tentukan tujuan

Salah satu cara terbaik untuk mulai menabung adalah dengan menetapkan tujuan. Bisa saja seperti ingin membeli gitar, mobil baru atau untuk berlibur. Sebesar atau sekecil apapun tujuannya, tergantung diri Anda sendiri. 

Jadikan bekerja sebagai salah satu penyemangat untuk menyimpan uang dan lihatlah bagaimana tabungan Anda semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Saat ini bisa saja berpikir bahwa tabungannya hanya sedikit, tetapi Anda akan berubah pikiran ketika melihatnya beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian saat tahu sudah berapa banyak uang yang bisa Anda simpan. Tetapkan tujuan dan keinginan dari sekarang, dan yakinlah untuk bisa mencapainya. Jika sudah terbiasa, itu tidak akan sulit!​

Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya
Artikel Selanjutnya
Agar Anda Cepat Punya Rumah, Lakukan Hal Berikut ini!