Sukses

7 Profesi Bergaji Tinggi dengan Tingkat Stres Rendah, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Persepsi yang berkembang di masyarakat mengungkap, gaji yang besar seringkali berbanding lurus dengan beban pekerjaan yang harus dipikul. Semakin keras Anda bekerja, bukan tidak mungkin perasaan stres semakin kuat mendera.

Namun ternyata, ada beberapa pekerjaan yang menawarkan gaji besar dengan tingkat stres rendah. Daftar berikut dihasilkan berdasarkan hasil survei tingkat stres pada beberapa profesi di dunia.

Tingkat stres diukur menggunakan skor toleransi di mana semakin kecil angka yang ditunjukkan maka semakin rendah stres yang dirasakan oleh pekerjanya.

Apa saja profesi tersebut? Melansir Thesun.co.uk, Jumat (13/1/2017) berikut ulasannya:

7. Pengamat politik
Skor toleransi terhadap stres: 61

Pekerja di bidang ini bertugas melakukan sejumlah studi mengenai latar belakang, perkembangan, dan operasional sistem politik suatu negara. Mereka yang ingin berkarier di bidang ini harus berlatar pendidikan ilmu politik minimal setingkat S2.

6. Fisikawan
Skor toleransi terhadap stres: 61

Fisikawan adalah seorang ilmuwan yang melakukan penelitian dalam bidang fisika. Fisikawan mempelajari berbagai fenomena fisik dalam berbagai cabang fisika dari partikel sub-atom sampai dengan perilaku materi alam semesta secara keseluruhan.

5. Ahli statistika
Skor toleransi terhadap stres: 59

Seorang statistika tidak hanya mampu mendulang gaji yang besar dari profesinya. Ia juga bisa menikmati pekerjaan dengan tingkat stres yang rendah. Namun untuk sampai ke level ini, seorang statistika harus memiliki tingkat pendidikan di level S2.

1 dari 3 halaman

Ekonom

 

4. Ekonom
Skor toleransi terhadap stres: 59

Sektor keuangan merupakan salah satu sektor pekerjaan yang paling menguras pikiran. Namun tidak dengan profesi satu ini. Berbeda dengan profesi keuangan lain, seorang ekonom justru dapat menikmati pekerjaan yang lebih enak dengan tingkat stres yang tidak terlalu tinggi.

3. Ahli geografi
Skor toleransi terhadap stres: 58

Posisi ketiga ditempati oleh profesi ahli geografi. Mereka bertugas untuk mengamati fenomena alam yang berkaitan dengan ilmu bumi dan bentang alam geografi. Skor toleransi stres profesi ini berada di angka 58.

2 dari 3 halaman

Ahli matematika

2. Ahli matematika
Skor toleransi terhadap stres: 57

Pelajaran matematika memang sukses membuat pusing banyak pelajar di seluruh dunia. Namun nyatanya, bagi mereka yang menyukai dunia hitung-hitungan, profesi ini justru bisa menjadi sangat menyenangkan. Seorang ahli matematika minimal harus memiliki gelar S2.

1. Ahli sains material
Skor toleransi terhadap stres: 53

Peringkat pertama ditempati oleh profesi sebagai ahli sains material. Profesi ini mengharuskan pekerjanya untuk meneliti dan menganalisis berbagai material hingga level molekular dan atomik.

Artikel Selanjutnya
Penting Mana: Gelar Sarjana atau Pengalaman Kerja?
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Keterampilan yang Bikin Orang Sehat, Kaya, dan Sukses