Sukses

Reliance Akuisisi, Harga Saham Wom Finance Melonjak 34 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Harga saham PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) atau Wom Finance menguat signifikan pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Reliance Capital Management yang mengambilalih saham atau akuisisi Wom Finance dari Maybank Indonesia kemungkinan menjadi sentimen.

Berdasarkan data RTI, Kamis (12/1/2017), saham PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) naik 34,69 persen ke level Rp 198 per saham. Harga saham WOMF sempat di level tertinggi Rp 198 dan terendah Rp 146 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 3.530 kali dengan nilai transaksi Rp 24,5 miliar.

PT Reliance Capital Management telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat (PPSB) dengan PT Bank Maybank Indonesia Tbk pada Rabu 11 Januari 2017.

Penandatanganan PPSB itu bertujuan untuk membeli dan mengalihkan seluruh kepemilkan saham Maybank Indonesia sebesar 68,55 persen dalam PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.

Direktur utama Reliance Group Anton Budijaja menuturkan, pengambilalihan saham ini merupakan langkah strategis dalam mengembangkan bisnis grup Reliance sebagai penyedia jasa layanan keuangan kepada masyarakat berpenghasilan menengah di Indonesia.

Ini juga sekaligus untuk meningkatkan sinergi bisnis antara WOM Finance dengan bisnis eksisting di bawah naungan Reliance Group di sektor investasi, perlindungan dan pembiayaan.

"Akuisisi Wom Finance ini akan melengkapi pelayanan Reliance Group, khususnya di sektor pembiayaan sepeda motor dan multiguna. Multifinance yang sudah ada lebih fokus ke pembiayaan mortgage. Akuisisi ini juga lengkapi pilar lain yang sudah ada yaitu investasi dan perlindungan," ujar dia.

Saat ini, Reliance Group telah melayani lebih dari 7,5 juta nasabah. Oleh karena itu, akuisisi WOM Finance yang memiliki jutaan nasabah, akan mempermudah Reliance Group mencapai target 50 juta nasabah pada 2020 mendatang.

"Reliance Group akan melanjutkan pertumbuhan bisnis WOM Finance untuk menjadi perusahaan jasa keuangan bertaraf internasional di Indonesia dalam menjalankan bisnis pembiayaan kendaraan bermotor dan multiguna," ujar Anton.

Selain itu, lanjut Anton, Reliance Group juga tetap akan menjalin kerja sama dengan seluruh kreditor dan bondholders WOM Finance, serta Maybank Indonesia sebagai salah satu mitra strategis terutama dalam hal pembiayaan bersama (joint financing).

Selanjutnya, sebagai bagian dari proses pengambilalihan saham WOM Finance, maka Reliance Group akan melakukan penawaran tender wajib dengan mengacu kepada ketentuan perundangan yang berlaku.
Sekilas Reliance.

Artikel Selanjutnya
Transaksi Saham Bank BJB Tembus Rp 3 Triliun di Pasar Negosiasi
Artikel Selanjutnya
Unilever Indonesia Bagi Total Dividen Rp 835