Sukses

Punya Masalah Keuangan? Tuntaskan dengan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Urusan keuangan sering menjadi salah satu permasalahan yang banyak dihadapi orang. Mereka yang terlilit permasalahan ini sering tak tahu bagaimana cara penanganannya. Alhasil, stres dan kehilangan semangat hidup pun dialami oleh mereka.

Jika Anda merasa kondisi keuangan sedang bermasalah dan butuh perbaikan, Anda bisa mencontek lima solusi keuangan di bawah ini. Berikut ulasannya dilansir dari Cheatsheet.com, Sabtu (14/1/2017)

1. Tetapkan tujuan keuangan

Permasalahan keuangan bisa berasal dari beberapa kondisi berbeda. Bisa karena Anda terlilit utang, atau tidak memiliki dana cukup untuk melunasi kebutuhan tertentu.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan tujuan keuangan. Apakah Anda ingin untuk bisa melunasi utang atau justru menabung demi membeli barang yang diinginkan.

2. Tahu batasan

Setelah tahu akan tujuan keuangan yang Anda ingin capai, sekarang Anda tahu batasan yang harus ditepati. Jika sebelumnya Anda sering belanja tanpa mempedulikan anggaran, sekarang Anda harus terlebih dahulu memikirkan kebutuhan sebelum mengeluarkan uang untuk sebuah keperluan.

3. Minta bantuan orang

Anda juga bisa meminta bantuan orang untuk mengawasi kondisi keuangan Anda. Mereka akan membantu Anda menaati peraturan dan melakukan pembatasan keuangan yang sebelumnya sudah ditentukan.

1 dari 2 halaman

Ubah kebiasaan buruk

 

4. Ubah kebiasaan buruk

Jika kondisi keuangan Anda belum membaik setelah melakukan beberapa upaya penyelamatan, maka Anda perlu mengubah kebiasaan buruk dalam menggunakan uang.

Ubah kebiasaan sama dengan mengubah gaya hidup Anda yang mungkin selama ini telah menjerumuskan ke dalam masalah keuangan.

5. Berkomitmen

Setelah mengubah gaya hidup lebih sederhana, langkah penting berikutnya yang wajib dilakukan adalah komitmen kuat dalam diri Anda untuk tetap bertahan menjalankan gaya hidup yang lebih sederhana.

Sebisa mungkin tahan diri Anda untuk tidak terpancing untuk terus menggunakan kartu kredit dan tetaplah berkomitmen menabung sebagian gaji Anda tiap bulannya.