Sukses

Mau Naik Kapal ASDP di Kepulauan Seribu, Ini Tarifnya

Destinasi tersebut ditempuh menggunakan KMP Kundur dengan ukuran 300 GT.

Liputan6.com, Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi mengoperasikan tiga lintasan baru menuju Kepulauan Seribu yakni Pulau Untung Jawa, Pulau Kelapa, dan Pulau Pramuka. Angkutan ini bisa dinikmati mulai hari ini.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Faik Fahmi mengatakan, destinasi tersebut ditempuh menggunakan KMP Kundur dengan ukuran 300 GT. Kapal tersebut bisa mengangkut 220 penumpang.

"Realisasi layanan PT ASDP ini sesuai dengan penugasan dari Kementerian Perhubungan. Kami berharap kehadiran PT ASDP disini dapat memberikan alternatif transportasi bagi masyarakat luas, khususnya warga Kepulauan Seribu," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (14/1/2017).

Dia mengatakan, layanan ini tidak hanya berkontribusi pada sektor wisata. Namun, diharapkan juga mendorong distribusi logistik.

"Dengan masuknya layanan feri PT ASDP, juga membantu untuk menekan disparitas harga barang di wilayah Kepulauan Seribu," kata dia.

Sebagai awalan, KMP Kundur akan melayani masyarakat dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Tahap selanjutnya perseroan bakal menambah pelayanan dari Pelabuhan Rakyat Muara Angke.

"Akan kami kaji lebih lanjut layanan dari Muara Angke untuk ke depannya. Aspek keselamatan akan menjadi hal utama dan mengacu dengan standar yang dimiliki ASDP saat ini. Selain itu, kami juga perlu mengetahui, kondisi dermaga, terminal penumpang, dan kondisi di pelabuhan setempat," jelas dia.

Dia bilang, layanan ini ada setiap hari. Layanan dimulai pada pagi hari dari Sunda Kelapa menuju pulau Untung Jawa, Kelapa dan Pramuka. Lalu kembali lagi ke Sunda Kelapa pada sore hari.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat mengatakan, perseroan memberikan tarif yang terjangkau.

1. Sunda Kelapa-Untung Jawa untuk dewasa Rp 38.000 anak-anak Rp 25.000.

2. Pulau Untung Jawa-Pramuka untuk dewasa Rp 40.000 dan anak-anak Rp 26.000.

3. Sunda Kelapa-Pulau Kelapa untuk dewasa Rp 46.000 dan anak-anak Rp 33.000.

4. Pulau Untung Jawa-Pulau Kelapa untuk dewasa Rp 42.000 dan anak-anak Rp 27.000.

5. Pulau Pramuka-Pulau Kelapa untuk dewasa Rp 36.000 dan anak-anak Rp 24.000.

6. Sunda Kelapa-Pulau Pramuka untuk dewasa Rp 44.000 dan anak-anak Rp 28.000.

"Kami berharap, pengguna jasa dapat menikmati layanan kapal feri menuju destinasi Kepulauan Seribu ini," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini