Sukses

Ini Keuntungan Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu

Pengguna kartu kredit di Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Pengguna kartu kredit di Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah pengguna kartu kredit yang memiliki lebih dari satu kartu kredit. Hal ini terjadi karena adanya rencana penurunan bunga kartu kredit dari 2,95 persen per bulan menjadi 2,25 persen perbulan mulai 2 Juni 2017.

Mengutip data terakhir Bank Indonesia, otoritas yang mengatur sistem pembayaran di Indonesia, sampai November 2016, tercatat  26,34 juta transaksi dengan nominal Rp 23,74 triliun. Peraturan yang berlaku saat ini memang memperbolehkan pemegang kartu kredit memiliki dari satu kartu kredit.

Masyarakat berpenghasilan mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 10 juta per bulan dapar memiliki maksimal dua kartu kredit. Sementara itu mereka yang berpenghasilan di atas Rp 10 juta per bulan dapat memiliki lebih dari dua kartu kredit.

Batasan ini diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/17/DASP tentang penyelenggaraan kegiatan alat pembaran dengan menggunakan kartu. Aturan lainnya ialah PBI nomor 11/11/PBI/209 tentang penyelenggaraan kegiatan APMK.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki lebih dari satu kartu kredit, dirangkum dari berbagai sumber oleh Halomoney.co.id:

1. Melakukan transfer balance

Anda bisa membayar tagihan satu kartu kredit dengan limit di kartu kredit lainnya yang memiliki cicilan lebih rendah. Cara ini akan membantu Anda untuk mengurangi beban bunga pada cicilan. Pilihlah kartu kredit tambahan dari bank penerbit yang menyediakan bunga transfer balance yang rendah.

Baca juga: Gak Perlu Panik jika Kamu Ditagih Debt Collector

2. Memperbaiki kredit skor

Jika Anda memiliki beberapa kartu kredit dan  selalu melunasi utang dengan tepat waktu, maka hal ini akan membantu Anda membangun kredit skor. Skor kredit ini berguna begitu Anda ingin mengambil pinjaman lain dari bank, seperti KPR dan kredit kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Memberikan fasilitas lebih


3. Memberikan fasilitas lebih

Memiliki kartu kredit lebih dari satu kartu membuat Anda memiliki fasilitas lengkap dalam bertransaksi. Jika kartu kredit pertama menawarkan banyak diskon dan cashback, maka Anda bisa mendapatkan kartu kredit yang menawarkan fasilitas airport lounge gratis dan poin air miles di kartu kredit lainnya. Sekarang juga semakin banyak kartu kredit menggabungkan kebutuhan belanja dan wisata sekaligus.



4. Kartu Kredit Cadangan

Kartu kredit kadang mengalami kegagalan bertransaksi dan bisa saja hilang. Kartu kredit kedua bisa berfungsi sebagai cadangan jika sesuatu terjadi pada kartu kredit pertama. Ini penting juga bagi Anda yang gemar travelling

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini