Sukses

Pilih Mana: Kerja di Yogyakarta atau Surabaya?

Surabaya dan Yogyakarta juga tak kalah istimewa untuk menjadi tempat bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Kerja di Jakarta mungkin menjadi impian dari sebagian orang khususnya bagi lulusan baru. Anda kah salah satunya? Selain terdapat tantangan baru, Jakarta menjadi salah satu kota yang menawarkan gaji tertinggi.

Tapi, kota lainnya seperti Surabaya dan Yogyakarta juga tak kalah istimewa karena mampu menyajikan kenyamanan yang jarang Anda temu saat bekerja di Jakarta. Nah, bedanya kerja di Surabaya dan Yogyakarta apa sih? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

Biaya hidup di Yogya lebih murah daripada Jakarta atau Surabaya

Pastinya, karena gaji di Yogya juga lebih rendah jika dibandingkan dengan Surabaya atau Jakarta. Tapi, di setiap kekurangan pasti ada kelebihannya. Kelebihannya adalah biaya hidup yang lebih murah, di sini Anda pasti masih menemukan kos-kosan atau kontrakan dengan biaya sewa Rp 200-500 ribu.

Tingkat kriminalitas rendah

Di saat Anda terpaksa pulang malam karena harus menyelesaikan pekerjaan, Yogya menawarkan solusinya. Di Yogya, Anda tak perlu khawatir pulang kemalaman, karena saat malam hari Yogya justru semakin ramai, ada yang sekedar nongkrong di angkringan, ada juga yang sekedar ingin mencoba wisata malamnya.

Tidak terlalu macet

Jika dibandingkan dengan Surabaya ataupun Jakarta, Yogya tidak terlalu macet. Perjalanan yang ditempuh dari pemukiman sampai ke kantor-kantor pun tidak terlalu jauh. Dan di sini Anda akan menemukan orang-orang yang mengenakan peralatan lengkap naik motor walau hanya ke tempat dekat sekalipun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuliner murah


Kuliner enak dan murah

Anda penggemar kuliner enak tapi murah? Merantaulah ke kota Yogya. Karena hanya di sini Anda masih bisa makan kenyang dengan uang Rp 3.000. Enaknya lagi, makanan yang ditawarkan beragam jenisnya, jadi Anda tidak akan pernah bosan untuk mencicipinya.

Banyak tempat wisata dengan harga terjangkau

Penatnya rutinitas pekerjaan membuat Anda suntuk. Terutama ketika harus menghadapi klien yang banyak maunya atau rumus coding yang menjelimet. Dan, demi menjaga keseimbangan hidup, pastikan Anda sudah membuat destinasi atau tujuan perjalanan ketika hari libur tiba, seperti mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada.

Nah, baik Yogya ataupun Surabaya memiliki tempat wisata yang sangat terjangkau, bahkan bisa dibilang separuh dari harga ketika kita berwisata di kota Jakarta.

Berkembangnya infrastruktur

Perkembangan infrastruktur di Surabaya meningkat pesat. Bahkan, Surabaya diklaim akan mengalahkan Jakarta hingga Singapura. Wah, siapa yang tidak tertarik kalau begini?

Sebagai ibu kota terbesar kedua setelah Jakarta, kota Surabaya sangat memudahkan dalam proses perizinan investasi baru yang berdatangan agar dapat mendorong berkembangnya wilayah tersebut.

Meski begitu, Surabaya masih terus memperbaiki infrastruktur seperti perluasan pelabuhan dan bandara demi kenyamanan semua warga ataupun wisatawan.

Jadi, kota mana yang akan Anda pilih untuk berkarier?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.