Sukses

4 Peluang Usaha Kreatif Saat Pilkada DKI Jakarta

Pada 15 Februari, masyarakat Jakarta akan menentukan pilihan mereka di Pilkada DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan kepala daerah DKI Jakarta secara langsung alias Pilkada DKI masih berlangsung. Pada 15 Februari, masyarakat Jakarta akan menentukan pilihan mereka: Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, atau Anies Baswedan-Sandiaga Uno.  

Pada masa kampanye seperti sekarang, rupanya banyak pelaku usaha yang memanfaatkan momentum Pilkada langsung DKI saat ini untuk meraih penghasilan baru. Diam-diam mereka berjualan pernak-pernik calon gubernur idaman di lapak offline maupun online.

Pernak-pernak souvenir para calon gubernur Jakarta itu bisa ditemui di situs marketplace yang sudah dikenal luas seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Blibli. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari topi, kaos, jaket, hingga aksesoris handphone.

“Pilkada di Jakarta ini sebenarnya membuka peluang usaha bagi pengusaha kreatif untuk menambah penghasilan mereka,” terang Jay Broekman, Managing Director Halomoney.co.id.

Masih ada waktu sebulan lagi hingga 15 Februari buat Anda memanfaatkan momen Pilkada ini untuk ikut ambil untung. Caranya, apalagi kalau bukan dengan berjualan pernak pernik calon Pilkada.

Bentuknya bisa bermacam-macam. Yang jelas, semakin kreatif dan menarik jualan Anda, semakin tinggi menarik minat para fans pasangan calon maupun komunitasnya untuk membeli jualan Anda.

Guna menjangkau pasar dengan cepat, Anda bisa memaksimalkan marketplace untuk memasarkan jualan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk membuat pernak-pernik yang mewakili semua pasangan calon DKI sekaligus, tidak hanya satu pasangan calon saja, agar pasar Anda semakin luas sehingga potensi keuntungan semakin besar.

Apa saja bentuk pernak pernik pasangan calon yang menarik? Berikut ini ide dari Halomoney.co.id yang bisa Anda kerjakan untuk menambah penghasilan Anda:

Kaos dan baju

Pakaian yang satu ini paling banyak dijual oleh para pedagang musiman. Lihat saja di situs-situs marketplace online: kaos yang mewakili Agus-Silvi, Ahok-Djarot, dan Anies-Sandi sangat mudah ditemui. Harganya beragam, mulai Rp 80.000 hingga Rp 110.000 per kaos. Begitu pula harga baju.

Anda pun bisa menambah koleksi kaos calon gubernur DKI dengan desain yang menarik atau  menggunakan kata-kata yang menarik perhatian. Selain itu, agar menarik, Anda bisa tawarkan dengan harga yang sedikit miring atau promosi menarik, sepanjang tetap memberikan margin buat Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Topi

Topi

Souvenir berupa topi juga menarik untuk digunakan. Barang ini sering digunakan untuk kegiatan di luar ruangan. Tidak hanya kalangan remaja, topi juga sering digunakan oleh dewasa. Selama Pilkada, topi banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan di ruang terbuka.

Apalagi memproduksi topi relatif mudah. Anda membuat disain yang menarik, lalu membawanya ke pengrajin sablon. Keuntungan lainnya, dengan harga topi yang masih terjangkau, Anda bisa mendapatkan margin yang cukup besar dari topi ini.
(Baca: Jeli Membedakan Uang Asli dan Uang Palsu)
 
Aksesoris HP

Salah satu asesoris HP yang banyak ditemukan di marketplace adalah casing handphone. Maklum, casing HP banyak digunakan dan mudah dipasang. Harganya pun murah meriah, di bawah Rp 100.000, tergantung bahan casing.

Untuk membuat casing HP ini sebenarnya Anda bisa menempelkan stiker yang bisa didesain sendiri. Dengan gambar pasangan calon gubernur DKI favorit, casing HP itu akan memiliki makna tersendiri bagi fans calon gubernur.

3 dari 3 halaman

Kue

Kue

Salah satu peluang bisnis lainnya ialah menjual kue bergambar pasangan calon. Bentuk kue bisa berbentuk roti, kue tart, maupun kue unik lainnya. Dengan gambar atau ikon pasangan calon gubernur, camilan kue itu terasa lebih special dari kue lainnya.

Pasar kue ini masih cukup besar. Kue ini bisa menjadi konsumsi di kalangan fans dan komunitas pasangan calon saat mereka menggelar rapat, kampanye, atau pertemuan massal lainnya.   

(Baca: 4 Cara Mensukseskan Resolusi Keuangan Anda)

Jadi ide mana yang akan Anda jalankan? Sesuaikanlah dengan kemampuan dan daya tarik Anda. Selamat memanfaatkan pemilihan langsung ini dengan riang gembira, sekaligus menangguk cuan.

Jika Anda masih membutuhkan modal usaha untuk memperluas usaha, Anda bisa mengajukan kredit tanpa agunan melalui situs Halomoney.co.id. Di Halomoney Anda sekaligus bisa melakukan perbandingan dengan beragam KTA lainnya dari berbagai  bank penyedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.