Sukses

8 Miliarder Ini Kuasai Lebih dari Setengah Kekayaan Dunia

Oxfam mengungkap ada delapan orang miliarder yang memiliki kekayaan setara dengan separuh kekayaan dunia

Liputan6.com, London - Kesenjangan perekonomian di dunia semakin besar. Hal ini terlihat dari kekayaan orang terkaya dunia yang semakin bertambah, yang kini nilainya mencapai lebih dari separuh kekayaan dunia.

Laporan yang dirilis kelompok advokasi asal Inggris Oxfam memperlihatkan delapan orang terkaya dunia memiliki kekayaan setara dengan separuh penduduk dunia.

Delapan orang terkaya ini adalah Pendiri Microsoft Bill Gates, Amancio Ortega Pendiri Inditex, investor senior Warren Buffett, Carlos Slim dari Meksiko, Bos Amazon Jeff Bezos, Bos Facebook Mark Zuckerberg, Bos Oracle Larry Ellison dan bekas Wali Kota New York Michael Bloomberg.

Melansir Mirror.co.uk, Senin (16/1/2017), laporan Oxfam menjelaskan bahwa pada tahun 2010 separuh kekayaan dunia dikuasai oleh 43 orang. Namun pada 2017, jumlah ini berkurang menjadi delapan orang.

Laporan terbaru Oxfam juga mengungkapkan jurang antara si miskin dan si kaya semakin melebar. Ini berdasar data terbaru dari China dan India, dua negara dengan populasi terbesar di dunia. Laporan itu menunjukkan bahwa separuh warga paling miskin di dunia memiliki harta lebih sedikit dari yang diperkirakan sebelumnya.

Oxfam juga mendesak bagi pemimpin negara yang hadir dalam pertemuan tahunan World Economic Forum di Davos, Swiss untuk kembali mengkaji kebijakannya. Jangan sampai kebijakan yang dikeluarkan justru hanya menguntungkan orang-orang super kaya dunia.

"Belum ada alternatif untuk menghentikan pola lama ini. Ada sejumlah cara menjalankan kapitalisme tapi tetap bermanfaat bagi mayoritas penduduk dunia,” ungkap Max Lawson, kepala kebijakan Oxfam.

Kesenjangan ekonomi telah menjadi topik yang hangat dibicarakan di forum dunia. Pekan lalu, topik ini menjadi bahan perbincangan dalam Forum Ekonomi Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

Video Terkini