Sukses

ESDM Jamin Warga Desa Terpencil Tetap Subsidi Listrik

Sesuai Undang-Undang 30 Tahun 2009, masyarakat ‎tidak mampu berhak mendapat subsidi, meski penyediaan listriknya dilakukan badan usaha di lu

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat desa terpencil dan ‎di perbatasan tetap dapat menikmati subsi, meski kegiatan produksi dan  penyaluran listriknya dilakukan bandan usaha selain PT PLN (Persero).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman, mengatakan sesuai Undang-Undang 30 Tahun 2009, masyarakat ‎tidak mampu berhak mendapat subsidi, meski penyediaan listriknya dilakukan badan usaha di luar PLN.

"Skema subsidinya bahwa sesuai dengan undang-undang, subsidi hanya diberikan pada masyarakat. jadi masyarakat itu diberi subsidi sesuai dengan yang ada sekarang," kata Jarman, di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Senin (16/1/2017).

Dia mengungkapkan, besaran subsidi ‎yang diberikan, berdasarkan hitungan antara biaya pokok pengadaan listrik dengan kemampuan masyarakat, selisihnya akan ditomboki melalui subsidi.

"Jadi kemampuan masyarakat berapa, harga listriknya berapa. Selisih antara biaya pokok pengadaan listrik dengan kemampuan masyarakat itu yang disubsidi," terang Jarman.

Upaya mendukung percepatan kelistrikan di wilayah perbatasan dan terpencil, telah diterbitkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 38 Tahun 2016 tentang Percepatan Elektrifikasi di Perdesaan Belum Berkembang, Terpencil, Perbatasan dan Pulau Kecil Berpenduduk Melalui Pelaksanaan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik Skala Kecil.

‎Melalui Peraturan Menteri ESDM ini, Badan Usaha Milik Daerah, Swasta dan Koperasi dapat mengelola suatu wilayah usaha, yang saat ini belum terjangkau oleh Pemegang wilayah usaha lainnya.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN