Sukses

Cara Mentan Amran Wujudkan Swasembada Jagung

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bergerilya ke sejumlah daerah untuk mendongkrak produksi jagung.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan bisa menciptakan swasembada pangan sampai akhir 2019 nanti. Salah satu komoditas yang ditargetkan tidak akan impor dalam dua tahun ke depan adalah jagung. Untuk mewujukan hal tersebut Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman pun bergerilya ke sejumlah daerah untuk mendongkrak produksi jagung agar impor jagung bisa ditutup total.

"Jadi kalau sudah ada tambahan produksi jagung, kita bisa kurangi impor. Impor jagung kita tahun ini turun kurang lebih 3 juta ton, itu nilainya Rp 7 triliun-Rp 8 triliun, padahal baru sekali gerak," ujar Amran seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (17/1/2017). 

Salah satu cara Amran mewujudkan swasembada jagung adalah mengawal penanaman perdana benih jagung hibrida di Desa Tetewatu, Kecamatan Wiwirano, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Amran pun mengapresiasi Program Penanaman Jagung di lahan 10 ribu hektare yang digagas Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara sebagai implementasi dari program Sulawesi Tenggara Mandiri Pangan.

“Konawe Utara, khusus jagung harus dikembangkan karena masih ada impor kita 800 ribu ton. Dulu tahun 2016 rencana impor jagung 4 juta ton, impor turun 66 persen. Jagung ini menjanjikan untuk rakyat karena setiap rakyat tanam jagung tidak ada kata rugi,” ujar dia.

Penanaman ini diharapkan mampu menambah pasokan kebutuhan jagung nasional dan menekan impor jagung. Produksi jagung pada 2015 mencapai 19,83 juta ton atau naik 4,34 persen dari tahun 2014. Di tahun 2016, Kementan menargetkan produksi jagung sebesar 21,53 juta ton.

"Produksi jagung 2016 lebih dari cukup memenuhi kebutuhan industri pakan. Kebutuhan industri terdata sebanyak 750 ton per bulan dan total kebutuhan jagung nasional 1,55 juta ton per bulan," jelas Amran.  (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini