Sukses

8 Negara Paling Kompetitif untuk Berbisnis di Dunia

Laporan ini mengukur kemampuan negara untuk berkompetisi menggunakan bakat yang dimiliki oleh para penduduknya.

Liputan6.com, Jakarta - Sekolah bisnis INSEAD baru saja mengeluarkan daftar tahunan Global Talent Competiveness Index (CGTI). Daftar ini merupakan laporan yang mengukur kemampuan negara untuk berkompetisi menggunakan bakat yang dimiliki oleh para penduduknya.

Negara yang mampu menempati peringkat teratas memiliki ciri-ciri tertentu seperti sistem pendidikan yang baik, kebijakan tenaga kerja yang mendukung, serta memberikan kesempatan fleksibilitas, mobilisasi serta kesempatan berbisnis.

Berikut ulasannya dilansir dari Business Insider, Rabu (18/1/2017)

8. Denmark

Negara Skandinavia ini menempati peringkat ketiga karena kondisi berbisnis dan kemampuan untuk menumbuhkan bakat dari penduduknya. Sistem pendidikan formal yang dianut oleh penduduknya juga menempati peringkat enam terbaik di dunia.

7. Luksemburg

Negara ini turun tiga peringkat dari tahun 2016. Walau begitu, negara ini masih menjadi destinasi terbaik bagi mereka yang ingin bisa meningkatkan karier yang dimiliki. Luksemburg juga memiliki reputasi yang baik sebagai pusat industri dan keuangan.

6. Australia

Australia merupakan negara yang banyak menarik minat tenaga kerja dari berbagai tempat untuk datang dan bekerja. Oleh karenanya, diperlukan kemampuan yang baik dan kompetitif dari tenaga kerjanya.

5. Swedia

Sistem pendidikan yang baik membuat tenaga kerja di Swedia memiliki kemampuan yang mumpuni. Bagi tenaga kerja yang ingin bekerja di negara ini, harus bisa berkompetisi dengan segelintir tenaga kerja asing yang ada.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amerika Serikat

4. Amerika Serikat

Sejak dahulu kala, Amerika Serikat terkenal sebagai negara dengan berjuta kesempatan terutama bagi para pendatang yang ingin mewujudkan mimpinya di negara ini. Amerika Serikat menempati peringkat kedua dalam sub-indeks pertumbuhan manusia.

3. Inggris

Peringkat ketiga ditempati oleh Inggris. Negara ini mampu menunjukkan kualitas yang baik terutama dalam segi kemampuan dari tenaga kerjanya.

2. Singapura

Negara Asia Tenggara satu ini mampu menempati peringkat pertama dalam hal lingkungan bisnis dan kemampuan untuk menarik tenaga asing dengan bakat yang baik. Selain itu, negara ini juga mampu memiliki nilai yang baik dalam berbagai aspek yang lain.

1. Swiss

Negara yang terletak di Eropa tengah ini mampu memperlihatkan performa yang baik di beberapa faktor penilaian GTCI. Swiss juga terkenal sebagai salah satu negara dengan tenaga kerja yang kompetitif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.