Sukses

Pertamina dan Pemerintah Kaji Alternatif Energi Pengganti LPG

Pertamina bersama Kementerian ESDM akan ganti LPG dengan batu bara muda sehingga diproses menjadi gas.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengganti ‎Liquified Natural Gas (LPG) dengan batu bara muda dengan proses menjadi gas.

Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, Pertamina dan Pemerintah sedang mencari alternatif energi pengganti LPG. Alternati energi itu batu bara muda yang diolah menjadi gas, atau dimetil ether ethanol.

‎"Pertamina bersama Pemerintah, sedang inisiatif untuk energi lain. Mengubah batu bara muda jadi dimetil ether ethanol," kata Bambang, dalam dalam LPG Indonesia Forum 2017, di Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Bambang menuturkan, penggantian LPG‎ dengan batu bara muda tersebut lebih murah 20 persen. Saat ini, prosesnya sedang dilakukan pengkajian sebelum pergantian diterapkan.

"Dimetil ini bisa gantikan LPG dan lebih murah 20 persen. Ini sedang kita kaji," ucap Bambang.

Bambang menuturkan, penggantian LPG dengan batu bara tersebut dapat mengurangi impor LPG yang saat ini terus meningkat seiring dengan ‎kenaikan konsumsi. Lantaran Indonesia memiliki sumber batu bara.

"Kami tegaskan ke depan kita punya resources besar batu bara muda. Kita impor elpiji besar. Maka cari cara batu bara muda," tutur Bambang.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • LPG merupakan akronim dari Liquified Petroleum Gas.

    LPG

Video Terkini