Sukses

Komentar Menteri Energi Arab Dorong Kenaikan Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Harga minyak bergerak menguat pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Pendorong utama kenaikan harga minyak adalah komentar dari Menteri Energi Arab Saudi dan penurunan tajam pada nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS).

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (18/1/2017), harga minyak mentah jenis light sweet untuk pengiriman Februari naik 11 sen atau 0,2 persen ke level US$ 52,48 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent, yang merupakan patokan harga dunia, turun 39 sen atau 0,7 persen ke angka US$ 55,47 per barel di ICE Futures Europe.

Harga minyak naik setelah Menteri energi Arab Saudi Khalid al-Falih menyatakan bahwa saat ini adalah waktu dimana harga minyak akan mencari keseimbangan baru setelah terjadi kesepakatan yang dijalankan oleh negara yang tergabung dalam organisasi pengekspor minyak (OPEC) dan 11 negara non-OPEC.

Selain itu, kejatuhan nilai tukar dolar AS juga menjadi pendorong kenaikan harga minyak. Pelemahan dolar AS membuat harga minyak lebih murah bagi pelaku pasar yang bertransaksi menggunakan mata uang di luar Dolar AS. Murahnya harga minyak tersebut mendorong aksi beli sehingga membuat harga minyak naik.

"Semua memasang harga di atas," kata broker minyak Herbert J. Sims & Co, Donald Morton. Ia melanjutkan, tidak ada alasan untuk menurunkan harga minyak saat ini.

Beberapa negara produsen terbesar minyak sudah merealisasikan perjanjian pemotongan produksi. Arab Saudi sebagai pemimpin OPEC secara de fakto juga telah merealisasikan pemotongan produksi.

Penurunan harga minyak yang cukup dalam membuat pemerintah Arab Saudi setuju untuk melakukan pemotongan produksi dalam kesepakatan November lalu.

"Produksen-produsen minyak ingin menghindari anjloknya harga ke level yang lebih dalam lagi," jelas Kepala Ekonom First Standard Financial, New York, AS, Peter Cardillo. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini