Sukses

Pengusaha UKM Mampu Berhemat dengan Memakai Gas Alam

Hingga saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 200.000 rumah tangga dan 1.929 usaha kecil, mal, hotel, dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menyalurkan gas bumi ke berbagai pelanggan. Yakni lebih dari 4.670 rumah tangga, 28 pelanggan komersial seperti hotel, mal dan restoran, serta 55 industri dan pembangkit listrik.

Vice President Corporate Comunication PN Irwan Andri Atmanto mengungkapkan, PGN merupakan badan usaha gas bumi yang paling lengkap menyalurkan gas bumi seluruh pengguna gas, mulai dari rumah tangga, UKM, hotel, pusat belanja, industri hingga pembangkit listrik dan transportasi.

Secara nasional, hingga saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 200.000 rumah tangga. Selain itu, PGN juga menyalurkan ke 1.929 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.630 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

"Pipa gas bumi yang dimiliki dan dioperasikan PGN saat ini sepanjang lebih dari 7.200 km atau sekitar 78 persen pipa gas bumi hilir nasional," ujar dia di Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Salah satunya pengusaha laundry di wilayah Batam, JJ Laundry, yang beralamat di Kampung Utama II Blok C No 1-2, Batam, Kepulauan Riau. Usaha laundry ini memanfaatkan gas bumi sebagai heater (pemanas), dryer (pengering), dan uap.

"Sebelumnya operasional kami menggunakan LPG dan listrik. Tapi setelah dapat informasi kalau gas bumi bisa dimanfaatkan untuk mesin heater, dryer, dan uap kami," kata pemilik JJ Laundry, Jimmy.

Dia mengaku dengan memakai gas bumi, pihaknya mampu berhemat 40 persen sampai 50 persen. Selain itu, tidak ada kekhawatiran kehabisan gas saat proses pengeringan berjalan.

"Kami juga berharap dengan menggunakan gas bumi PGN dapat lebih memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan, dengann kualitas yang lebih baik dan pelayanan yang lebih cepat," ujar Jimmy.

PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 4.670 rumah tangga, 28 pelanggan komersil seperti hotel, mal dan restoran, serta 55 industri dan pembangkit listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • gas