Sukses

Negara Lain Percayakan Peruri Cetak Paspor Hingga Uang Logam

Saat ini perusahaan sejenis pesaing Peruri berasal India, China, Inggris

Liputan6.com, Karawang Perusahaan pelat merah Perum Peruri telah mendunia. Buktinya, perusahaan ini tidak hanya dipercaya mencetak rupiah, tapi juga dokumen berharga seperti perangko dan paspor.

Direktur Utama Perum Peruri Prasetio mengatakan, Perum Peruri telah masuk ke pasar internasional dengan mencetak perangko Nepal dan paspor Sri Lanka.

"(Produksi) Paspor Sri Lanka," kata dia di tempat produksi Peruri, Karawang Jawa Barat, Rabu (18/1/2017).

Selain itu, dia mengatakan telah memproduksi uang logam Filipina. Uang logam ini terdiri dari dua yakni uang logam yang diedarkan sebagai pembayaran dan komemoratif.

"Filipina logam, logam ada dua sirkulation sama komemoratif. Komemoratif itu logam yang bukan uang itu loh medali, itu permintaannya banyak dan kita harus meningkatkan kompetensi seperti itu," kata dia.

Dia mengatakan, saat ini perusahaan sejenis pesaing Peruri berasal  India, China, Inggris. Sebab itu Peruri akan terus memperluas pasar Internasional. Banyak negara juga berniat menjalin bisnis dengan Peruri.

"Hari ini kita sudah sejumlah document security kita sudah masuk ke Asia Tengah, Afrika. Permintaan Amerika Selatan dan Amerika Latin juga ada. Afrika juga banyak. Jadi di depan mata market cukup terbuka luas, hanya kita nggak mau janji atau confirm yang nanti berujung kita tidak bisa deliver," tutup dia.(Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Peruri adalah BUMN yang ditugasi untuk mencetak uang rupiah (baik uang kertas maupun uang logam) bagi Republik Indonesia.

    Peruri

  • Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan pejabat yang berwenang dari suatu negara.

    paspor

Video Terkini