Sukses

Pengusaha Minta Pemerintah Tiru Myanmar untuk Kelola Pelabuhan

Kini di Myanmar tidak ada lagi pelabuhan yang dikelola pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Liputan6.com, Jakarta Myanmar kini tengah bertransformasi menjadi negara hub logistik ASEAN. Caranya, Myanmar melakukan pembenahan secara total terhadap pengelolaan pelabuhannya.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Freight Forwarders Indonesia (ALFI) Imam Gandi mengatakan, di Myanmar, kini tidak ada lagi pelabuhan yang dikelola pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pengelolaan‎ pelabuhan di negara tersebut diberikan swasta.

"Di Myanmar, tidak ada pelabuhan yang dioperasikan pemerintah, itu semuanya diberikan ke swasta. Mereka (swasta) diberikan konsesi sehingga tiap pelabuhan itu saling bersaing," ujar dia di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Selain itu, Myanmar juga telah memiliki National Single Window yang lebih modern dan efektif. Dengan demikian proses perizinan kapal yang akan melakukan bongkar muat di negara tersebut menjadi lebih cepat.

"National Single Windows mereka juga lebih advance, dalam hal pelaksanaannya bukan hanya konsep‎," ‎kata dia.

Dengan transformasi ini, lanjut Imam, Myanmar ingin menjadi penyambung ‎antara negara-negara ASEAN dengan negara kawasan Asia lain. Hal tersebut diharapkan bisa ditiru pemerintah dalam mengelola pelabuhan di Indonesia.

"Mereka (Myanmar) mau ada konektivitas antara Asia daratan dengan Indonesia. Jadi bukan tidak mungkin nanti ada truk Malaysia yang parkir di Lampung‎," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini