Sukses

Belum Ada Keputusan Soal Pajak Google?

Tiga orang perwakilan Google telah bertemu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi pada sore ini.

Liputan6.com, Jakarta Tiga orang perwakilan Google telah bertemu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi pada sore ini (19/1/2017). Akan tetapi tertemuan tersebut tidak melibatkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jakarta Khusus, Muhammad Haniv yang seharusnya menangani kasus pajak Google.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jakarta Khusus, Muhammad Haniv saat dihubungi wartawan via sambungan telepon tidak mengakui bahwa dirinya bertemu dengan ‎perwakilan Google. "Belum ada. Belum ada pertemuan," tegas Haniv, sore ini.

Saat ditegaskan ada perwakilan Google, dia terus menampiknya. "Tidak ketemu saya. Saya tidak tahu, tadi saya dipanggil Pak Dirjen sebentar, lalu saya keluar. Saya tidak tahu ada Google," ujarnya.

Sebelumnya sekitar pukul 15.00 WIB, ‎Haniv yang masuk ke lobi Gedung Mar'ie Muhammad kantor pusat DJP hanya selang 5 menit dari perwakilan Google pun membantah adanya pertemuan dengan Google. "Tidak bertemu Google, saya cuma mau meeting di lantai 24," ujarnya.

Haniv menolak jika pihaknya dikatakan menutup-nutupi pertemuan DJP dengan Google. "Tidak ada yang ditutup-tutupi, terbuka kok. Kalau ditutup-tutupi, saya tidak akan mau diwawancarai seperti ini," tegas dia dan langsung masuk ke lift.

Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi enggan memberikan komentar atas hasil pertemuan kepada awak media.

Sementara Juru Bicara Google Indonesia, Jason Tedjasukmana ketika dikonfirmasi wartawan juga bungkam. "Sorry, I can't help. Couse I'm still in Seoul," ujar dia dalam pesan singkatnya.

Untuk diketahui, sekitar pukul 17.00 WIB, tiga orang perwakilan Google, yakni dua orang laki-laki dan satu orang wanita keluar dari Gedung Mar'ie Muhammad Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), lalu menunggu mobil di lobi gedung utama. Awak media kemudian langsung menyerbunya.

Saat ditanyakan, salah satu perwakilan tersebut menampik merupakan utusan Google. Namun seorang lainnya mengaku dari pihak Google. "Iya saya dari Google," kata wanita itu.

Dia mengatakan, banyak hal yang didiskusikan dari pertemuan tersebut. "Banyak hal yang diomongin. Bagus kok, pembicaraan berjalan dengan baik," terangnya.

Saat dimintai keterangan lebih jauh mengenai hasil data, perwakilan Google tersebut melemparnya ke Jason Tedjasukmana, juru bicara Google Indonesia. Jason kini sedang berada di Korea.

"Jason aja dong. Jason doang yang boleh kasih statement," tegasnya.

Tidak lama kemudian, mobil mereka datang. Wartawan masih memburunya hingga masuk ke mobil. ‎"Tadi pertemuan berlangsung dengan baik. Dari teman-teman pajak juga baik. Kan ini sudah jelas ya di gedung pajak," tutup perwakilan Google tersebut sembari menutup pintu mobil dan melaju meninggalkan kantor DJP. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.