Sukses

Bos BUMN Diusul Berpidato Tak Lebih dari 10 Menit Saat Rapat

Tugas sebagai pimpinan BUMN itu sangat rumit. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan pimpinan perusahaan swasta.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengeluarkan kebijakan yang membatasi pidato para menteri/kepala lembaga tidak boleh lebih dari 7 menit.

Kebijakan ini menuai perhatian berbagai kalangan. Salah satunya Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia, Rhenald Kasali.

Dia memandang kebijakan ini cukup aneh, tapi cukup efektif dalam meningkatkan efektivitas kerja. Bahkan, Rhenald Kasali mengusulkan ini bisa diterapkan kepada para direksi BUMN.

"Kalau kemarin ada ketentuan pidato menteri harus 7 menit, saya kira pidato CEO BUMN juga harus dibatasi pula saat rapat rapat, tidak boleh lebih dari 10 menit‎," kata Rhenald seperti ditulis, Jumat (20/1/2017).

Menurut dia, tugas sebagai pimpinan BUMN itu sangat rumit, jauh berbeda jika dibandingkan dengan pimpinan perusahaan swasta. Ini karena selain bertanggung jawab ke perusahaannya, juga bertanggung jawab ke negara.

Dengan adanya pembatasan-pematasan, meski hanya untuk pidato saat rapat ini, menurut Rhenald, sedikit membantu meringankan tugas para pimpinan BUMN itu.

"Pimpinan BUMN itu rumit, banyak gangguan, rapat hampir setiap jam. Sebaiknya kalau rapat jarak jauh itu bisa dilakukan via Skype atau apa lah, biar efisien. Karena terlalu berat memimpin BUMN," ujar pria yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu. (Yas/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini