Sukses

5 Tips Menabung Saat Kebutuhan Hidup Kian Tinggi

Kebutuhan hidup manusia dari tahun ke tahun semakin tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan hidup manusia dari tahun ke tahun semakin tinggi. Seiring berkembangnya zaman, ada saja hal baru yang tentunya dibutuhkan manusia dan harus dipenuhi.

Kebutuhan yang kita miliki tidak akan melihat kita mampu atau tidak, mereka akan terus ada dan seolah menuntut kita untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Beda dulu, beda juga sekarang, kebutuhan hidup yang semakin tinggi seharusnya memacu kita untuk bisa menabung dengan maksimal.

Anda harus memahami terlebih dulu bahwa, saat menjalani hidup, kita harus berjalan sehemat mungkin, kita harus menghindari ajakan untuk keborosan yang kenyataanya memang selalu menjadi penyakit yang bisa kambuh kapan saja.

Ada baiknya, langkah yang tepat yang harus dilakukan adalah  menabung secara berkala. Sebaiknya menabung setelah memperhitungkan semua kebutuhan dan keuangan Anda.

Berikut ini ada 5 tips menabung di saat kebutuhan hidup makin tinggi seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Menetapkan Batas Wajar

Maksud batas wajar di sini adalah kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan. Tetapkan batas wajarnya seberapa besar, agar tidak melebihi budget yang dimiliki.

Selain itu, dalam hal belanja sehari-hari atau juga bulanan, Anda tidak usah belanja terlalu royal dengan membeli banyak hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Setiap uang yang dimiliki harus memiliki tujuan untuk apa dan berapa besaranya.

2. Berinvestasi

Jangankan untuk berinvestasi, mungkin biaya sehari-hari saja saat ini cukup sulit didapatkan. Kedepanya, biaya yang kita miliki ini semakin besar, jika tidak digerakan menabung dari sekarang, mau bagaimana lagi. Jenis investasi yang mungkin bisa Anda coba adalah investasi RSP (Rencana Tabungan Pensiun) yang akan menjamin Anda aman.

3. Membuat Perencanaan Keuangan

Dalam hal ini, tentu saja membuat perencanaan keuangan sendiri. Anda cukup menuliskan dengan teliti berapa pengeluaran dan pendapatan secara efektif. Mulai dengan memeriksa kebiasaan belanja Anda. Setelah itu untuk pengeluaran sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan

4. Memberi Penghargaan untuk Diri Sendiri

Sebaiknya memang ini yang dilakukan oleh para karyawan dengan memberi penghargaan terhadap diri mereka sendiri. Prestasi yang telah diraih oleh para karyawan tersebut tentu pantas dihadiahi sesuatu, seperti liburan spesial ke luar negeri, yang mungkin sudah lama dinantikan.

5. Tidak menjadikan Uang Nomor Satu

Sebaiknya anda juga menghindari sikap selalu menjadikan uang segalanya dan nomor satu. Cobalah ingat bahwa untuk mendapatkan banyak uang, Anda harus bekerja hingga tidak mengenal waktu.

Anda juga sadar bahwa untuk mendapatkan hal yang lebih besar, Anda memulai dari hal kecil yang cukup sulit. Rahasia orang-orang yang Kaya, mempertahankan kekayaan mereka dengan membuat manajemen keuangan dengan cermat.

6. Terus Belajar Cara Kelola Uang yang Baik

Walaupun sudah memiliki cukup banyak uang, jangan pernah malas untuk belajar mengatur keuangan dengan baik. semakin bertambah uang kita, bukan berarti kita tidak perlu mengatur keuangan lagi.

Risiko yang akan ditanggung saat memiliki banyak uang juga lebih tinggi. Saat kebutuhan hidup makin tinggi, saat itulah pentingnya mengatur keuangan kita dengan maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.