Sukses

Simak 5 Kesalahan Wanita Saat Pakai Uang

Para wanita sebaiknya mampu mengendalikan uang dengan cara lebih rasional.

Liputan6.com, Jakarta - Para wanita memiliki tugas utama dalam mengelola keuangan rumah tangga. Wanita atau ibu yang mengatur arus keluar masuknya uang di dalam keluarga kecilnya. Walau pun begitu, wanita juga ternyata bisa melakukan kesalahan ketika menggunakan uangnya. Ada beberapa faktor yang membuat mereka melakukan kesalahan tersebut.

Terkadang wanita selalu berpikir dengan perasaan, di mana ia dapat dengan mudah mengeluarkan uang hanya karena masalah kecil. Misalnya untuk memberi uang jajan kepada anak dengan cukup sering.

Anak juga seharusnya diberitahu,  masih banyak kebutuhan lainya yang harus dipenuhi, dari sekadar jajan saja. Oleh karena itu, para wanita harus menyimak beberapa kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan wanita dalam menggunakan uangnya seperti dikutip dari www.cermati.com, Sabtu (21/1/2017):


1. Membiarkan Orang Lain Mengatur Keuangan Keluarga

Sebagai orang yang memiliki banyak waktu di rumah, wanita seharusnya mampu mengelola keuangan dengan baik. Kapan harus mengeluarkan uang dan kapan harus menyimpan uang dengan berhemat. Namun, ada sebagian wanita yang malah menyerahkan soal keuanganya ini kepada konsultan keuangan.

Memang ini juga bisa dilakukan, namun dengan menyewa konsultan berarti ada pengeluaran lain yang lebih besar yaitu biaya jasa konsultan tersebut. Sebaiknya Anda dan suami bekerja sama dalam mengelola keuangan, jika memang merasa kewalahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hindari Pembicaraan Tentang Uang

2. Menghindari Pembicaraan Tentang Uang

Tidak ada salahnya jika Anda cukup sering membicarakan tentang uang dengan tetangga atau saudara di lingkungan. Uang memang menjadi bagian hidup setiap manusia. Namun, terkadang karena membicarakan uang, kita bisa mendapat masalah atau berselisih karenanya.

Masing-masing rumah tangga memiliki jumlah uang yang berbeda-beda, dikhawatirkan Anda akan berselisih justru karena membandingkan satu sama lain. Selalu bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini dan gunakan sesuai kebutuhan.

3. Tidak Mempunyai Anggaran

Fungsi dari anggaran adalah untuk melacak pemasukan dan pengeluaran secara cermat. Dengan adanya anggaran keuangan yang dibuat, wanita juga dapat menghindari utang.

Jika nanti memiliki rencana untuk menabung dengan lebih maksimal, maka bisa atau tidaknya menabung dengan jumlah cukup besar dapat dilihat dari pendapatan dan pengeluaran tersebut. Namun, karena tidak adanya waktu untuk membuat anggaran ini, wanita kadang berpikir untuk tidak membuatnya.

3 dari 3 halaman

Bermasalah Karena Uang

4. Tidak Memperlakukan Uang Secara Adil

Wanita juga cukup sering melakukan kesalahan ini, yaitu memperlakukan uang yang didapat dengan kurang adil. Mungkin wanita berpikir jika dia memiliki uang yang bukan hasil jerih payahnya sendiri seringkali dianggap tidak penting.

Jika begitu, dia bisa saja menghabiskannya untuk berbelanja atau kebutuhan pribadi lainnya. Sebaiknya uang yang didapat, dari sumber manapun itu tetap simpan dengan baik dan digunakan seperlunya saja.

5. Bermasalah Karena Uang

Tidak dipungkiri, uang dapat menjadi penyebab stres nomor satu dan mempengaruhi kesehatan. Karena uang, wanita bisa menjadi hilang akal karena terlalu mendewakan uang dan berpikir hanya dengan uanglah dia bisa memenuhi segala kebutuhanya. Saat sumber keuangan berkurang, wanita bisa saja mencari cara lain untuk tetap mendapatkan uang.

Gunakan Uang Dengan Lebih Rasional

Para wanita sebaiknya mampu mengendalikan uang dengan cara yang lebih rasional. Tetap gunakan uang secara sehat dan sesuai posnya agar anda dan keluarga tetap tercukupi  segala kebutuhanya.  Jadi, ayo gunakan uang dengan bijak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.