Sukses

Ingin Jadi Orang Sukses? Lakukan 9 Hal Ini Saat Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Sudahkah punya rencana untuk akhir pekan? Tahukah Anda apa yang dilakukan orang sukses saat akhir pekan?

"Orang sukses sadar akan pentingnya memanfaatkan akhir pekan untuk ‘mengisi daya’ dan melakukan apa yang mereka senangi," ujar Michael Kerr, pembicara bisnis internasional dan penulis buku The Humor Advantage.

"Mereka bekerja keras di hari kerja, namun memaksimalkan akhir pekan mereka," imbuh Lynn Taylor, penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job.

Bingung bagaimana memanfaatkan 24 jam waktu akhir pekan? Berikut ide yang bisa Anda contek dari orang sukses seperti dikutip dari www.cekaja.com, Sabtu (21/1/2017):

1. Membuat rencana liburan

Dengan membuat rencana aktivitas untuk mengisi liburan, Anda akan terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Misalnya Anda sudah melakukan reservasi hotel, atau mencari sarana transportasi untuk menuju tujuan wisata.

Taylor menambahkan, Orang sukses membuat rencana tapi tetap fleksibel jika ada pekerjaan yang tiba-tiba muncul. (Baca juga: Aturan Berbusana yang Bisa Membuat Kamu Sukses Saat Interview Kerja)

2. Bersiap-siap sejak masih di kantor

"Semua persiapan liburan dilakukan sejak di kantor. Sehingga saat liburan tiba, secara psikologi mereka telah siap untuk menikmatinya," ujar Kerr. Ini termasuk mempersiapkan pekerjaan setelah kembali liburan.

1 dari 3 halaman

Jauhkan Gawai

3. Menjauhkan gawai

Setelah bekerja di depan komputer selama lima hari, jauhkan gawai selama liburan. Hanya duduk dan memandangi layar selama liburan membuat liburan Anda terganggu.

4. Menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga

Jika selama ini Anda termasuk yang pergi saat gelap dan pulang saat sudah larut malam, gunakan akhir pekan dengan sebaik-baiknya untuk teman dan keluarga.

Kebersamaan kecil seperti makan siang bersama atau main kartu di ruang keluarga bisa menyeimbangkan hidup Anda dari rutinitas pekerjaan.

5. Menjadi relawan

Banyak orang sukses tak tanggung-tanggung menyumbangkan harta untuk amal. Sebut saja Bill Gates, Warren Buffet, dan J.K. Rowling. Bahkan J.K. Rowling sampai dikeluarkan dari daftar wanita terkaya di Inggris karena menyumbangkan hampir seluruh hartanya. Kalau Anda belum bisa menyumbangkan uang, Anda tetap bisa berbuat kebaikan dengan menjadi relawan.

2 dari 3 halaman

Menikmati Alam

6. Menikmati alam

Akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk menikmati alam dan udara segar. Aktivitas ini menyehatkan dan merelaksasi pikiran terutama bagi Anda yang setap hari berkutat dengan stres, kemacetan, dan polusi udara.

7. Olahraga

Kapan terkahir kali Anda berolahraga? Orang sukses paham manfaat olahraga bagi fisik dan mental. Jika selama hari kerja Anda selalu tidak sempat, saatnya meluangkan waktu di akhir pekan ini. Tidak suka berkeringat atau panas-panasan? Bergabung saja dengan gym atau lakukan berenang.

8. Menyalurkan passion

Akhir pekan menjadi kesempatan untuk mengobati stres dengan cara menyalurkan passion. Baik itu belanja, melukis, memasak, ataupun mengotak-atik mesin mobil. Lakukan hal-hal yang membuat Anda senang. (Baca juga: Lima Hobi yang Bisa Mengacaukan Karier Kamu)

9. Berpikir ke depan

Malam hari di Hari Minggu, orang sukses akan mengevaluasi sejauh apa tujuan  yang telah dicapai dan mulai merencanakan apa yang akan dilakukan seminggu ke depan. "Mereka melakukannya tapi tidak menganggapnya sebagai beban," ungkap Taylor.

Artikel Selanjutnya
Waspada, 5 Hal Ini Biasa Dilakukan Orang Gagal di Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
5 Ciri yang Dilakukan oleh Orang 'Gagal' Selama Akhir Pekan