Sukses

10 Merek China Paling Populer di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas merek China meningkat di luar negeri. Ini ditunjukkan dari konsumen dari Barat yang meningkat mencari inovasi terbaru produk dari negeri tirai bambu tersebut.

Saat begitu banyak merek China kurang dikenal di luar China, beberapa merek tersebut telah bersaing di level global.

Dalam laporan BrandZ Top 30 Chinese Global Brand Builders yang dirilis perusahaan holding periklanan WPP, perusahaan riset Kantar, Millward Brown dan Google telah membuat peringkat merek barang dagang ekspor China paling kuat.

Peringkat itu berdasarkan dari ukuran masing-masing kecenderungan konsumen untuk memiliki merek tertentu dari perusahaan itu, memperhitungkan betapa berartinya, berbeda dan hal yang menonjol dari merek itu. Riset itu juga diperkuat dengan menggunakan survei google pada September 2016.

Berikut 10 merek barang dagang China yang paling kuat dan populer di dunia seperti dikutip dari laman business insider, Senin (23/1/2017):

1. Lenovo
Nilai kekuatan merek: 1.682

Lenovo termasuk produsen PC, smartphone, tablet dan smart tv. Perusahaan ini akuisisi divisi PC IBM pada 2005 dan Motorola pada 2014. Hal ini membantu perseroan untuk ekspansi ke barat. Saat ini, lebih dari 70 persen pendapatan perseroan berasal dari luar negeri.

2. Huawei
Nilai kekuatan merek: 1.256

Huawei memproduksi peralatan telekomunikasi dan perangkat smartphone. Sekitar 60 persen pendapatan perseroan berasal dari luar China.

3. Alibaba
Nilai kekuatan merek: 1.047

Alibaba salah satu e-commerce raksasa China yang dibangun Jack Ma. Pada Januari 2017, Ma bertemu dengan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Pada pertemuan itu membahas penciptaan satu juta lapangan kerja di AS dengan mengizinkan hasil bisnis kecil dijual ke China lewat platform perusahaan.

1 dari 3 halaman

Xiaomi

4. Elex Tech
Nilai kekuatan merek: 923

Anda mungkin belum dengarn nama perusahaan. Akan tetapi Anda mungkin sudah mendengar mobile game populer antara lain Clash of Kings. Elex telah memiliki lebih dari 50 juta user dari 40 negara.

5. Xiaomi
Nilai kekuatan merek: 716

Xiaomi memproduksi smartphone dan barang elektronik antara lain televisi dan fitness bands. Pada 2014, xiaomi menjadi salah satu startup teknologi paling berharga.

6. Air China
Nilai kekuatan merek: 709

Air China merupakan salah satu maskapai terbesar China. Air China mengoperasikan lebih dari 377 rute, dan 98 di antaranya merupakan rute internasional. Pendapatan perseroan sekitar 30 persen dari luar negeri.

7. Haier
Nilai kekuatan merek: 572

Haier merupakan produsen peralatan rumah tangga terbesar antara lain kulkas, mesin cuci, dan mesin pencuci piring. Produk Haier terjual lebih dari 100 negara. Pada tahun lalu, Haier akuisisi divisi GE's appliance yang pangsa pasarnya meningkat signifikan di Amerika Serikat (AS).

2 dari 3 halaman

Anker

8. Anker
Nilai kekuatan merek: 501

Perusahaan manufaktur yang berada di Changsa ini memproduksi aksesoris untuk barang elektronik antara lain headphone, kabel USB, dan portabel charger. Produknya terjual di lebih dari 30 negara.

9. Cheetah Mobile
Nilai kekuatan merek: 498

Perusahaan baru berusia tujuh tahun ini terkenal dengan software keamanannya antara lain battery doctor, clean master dan CM Security.

10. Hisense
Nilai kekuatan merek: 482

Merek multinasional China ini memproduksi televisi dan tablets. Perseroan menjual produknya ke 130 negara dan 30 persen dari pendapatan perseroan berasal dari luar negeri.

Artikel Selanjutnya
Top 3: Orang Kaya dan Sukses yang Punya Kekurangan
Artikel Selanjutnya
Dolar Tergelincir Bikin Harga Emas Capai Posisi Tertinggi