Sukses

Ubah Gaya Hidup Anda Lewat Tips Hemat Ini

Setiap orang pasti punya keinginan untuk bisa menyimpan dan memiliki banyak uang.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti punya keinginan untuk bisa menyimpan dan memiliki banyak uang. Namun terkadang kebiasaan dan gaya hidup sehari-harilah yang membuat keinginan itu sulit jadi kenyataan.

Padahal jika mau, kebiasaan dan gaya hidup bisa diubah, khususnya dalam hal membelanjakan uang, seperti menyadari bagaimana dan untuk apa sebaiknya uang digunakan, sehingga akan memungkinkan kondisi dan kehidupan Anda lebih bagus lagi.

Melansir laman Huffingtonpost, berikut ini beberapa tips dan saran yang bisa diterapkan  tentang cara menghemat uang sehingga mengubah hidup Anda menjadi lebih baik:

1. Hentikan kebiasaan membeli

Ketika Anda merasakan dorongan untuk membeli sesuatu, sebaiknya berhentilah selama beberapa detik dan tanyakan pada diri sendiri ‘apakah saya benar-benar ingin dan membutuhkan ini'? Jika memang sudah dapat jawaban dan Anda masih ingin membelinya, ya tidak salah.

Intinya mulailah bangun kesadaran bila ada dorongan untuk membeli sesuatu dan yakinkan bagaimana perasaan Anda ketika kebiasaan itu muncul. Apakah barang yang dibeli itu akan benar-benar bermanfaat atau hanya sekedar ingin saja, jika sebenarnya memang tidak terlalu dibutuhkan, tahan diri untuk tidak membelinya.

Berpikirlah secara rasional, karena hal ini dapat membantu Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik dan Anda pun lebih menyadari untuk apa uang yang Anda habiskan tersebut.

2. Belanja cerdas

Dengan banyaknya informasi yang tersedia saat ini, ada banyak kesempatan bagi Anda untuk berbelanja lebih cerdas. Caranya meliputi: membeli barang secara online dan langsung antar,  mencari diskonan di toko dengan cara membandingkannya.

Atau membeli bahan makanan di suatu tempat yang lebih murah seperti pasar; membeli di toko diskon atau toko barang bekas; bekerjasama dengan orang lain untuk menerima diskon kelompok; membeli dalam jumlah besar; menjangkau jaringan Anda di Facebook untuk mencari penawaran terbaik; atau Anda bisa menukar waktu (bukan uang) untuk produk atau jasa.

Jika hal ini penting, maka Anda akan menemukan cara untuk berbelanja cerdas dan menyimpan uang lebih banyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Korban Iklan



3. Jangan Termakan Iklan

Pemasaran dan iklan biasanya sangat lihai dalam hal meyakinkan orang untuk membeli produknya, karenanya mulailah berpikir bijak, bangunlah kesadaran bagaimana agar Anda tidak gampang termakan iklan dan tahan diri dari godaan iklan yang selalu membuat Anda tertarik membelinya.

4. Tanam sayuran sendiri

Jika memungkinkan apabila memiliki halaman atau taman yang cukup luas, tanamlah sayur atau tumbuh-tumbuhan di halaman rumah sendiri.

Hal ini bukan saja membuat Anda bisa berhubungan dengan alam, tapi juga tahu dari mana makanan Anda berasal, cara ini diyakini lebih sehat untuk tubuh juga untuk kantong Anda.

5. Saling berbagi

Berbagi di sini maksudnya dalam hal peralatan untuk keperluan rumah, misalnya dengan tetangga, teman atau keluarga dekat. Seperti saat butuh tangga untuk membetulkan genteng bocor, bor untuk memaku dinding, jika tidak punya kan bukan berarti Anda harus membelinya saat itu juga dan barang tersebut juga jarang digunakan,

dengan saling berbagi dan percaya Anda bisa melakukan penghematan. Begitupula ketika ada tetangga atau teman butuh, Anda bisa meminjamkannya kepada mereka jika ada memang memiliki peralatan tersebut.

3 dari 3 halaman

Berhemat



6. Berhemat

Saat punya uang, kebiasaan orang biasanya ingin membeli barang-barang yang sudah ada meski tidak dibutuhkan. Punya tv ingin beli yang lebih besar, ingin ganti mobil, beli kulkas atau mesin cuci baru. Jika memang barang yang lama masih bagus dan bisa digunakan, sebaiknya tidak perlu membeli sesuatu yang baru karena mengikuti keinginan dan nafsu semata.

Ketika Anda berhemat, pastinya Anda tidak kehilangan apa yang sudah Anda punya, uang yang ada saat ini lebih baik ditabung dan pasti suatu saat akan berguna, entah untuk hal darurat atau dipakai saat memasuki usia pensiun.

7. Berjalan atau gunakan transportasi umum

Ubah kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi saat ke kantor atau ke tempat terdekat. Misalnya ingin beli minum atau pergi ke mesjid, jika memang masih bisa dijangkau Anda bisa jalan maupun naik sepeda.

saat ke kantor yang biasanya mengendarai mobil cobalah untuk gunakan transportasi umum. Penghematan dengan cara ini bisa membantu Anda menyimpan uang pada bensin, parkir, tol, dan lain-lain.

8. Putus langganan bulanan yang tak terpakai

Putuskan langganan atau keanggotan yang tidak terpakai dan tidak dibutuhkan. Seperti gym, fitness atau tv kabel langganan yang memang sudah jarang Anda gunakan. Karena tentu saja jika masih dilanjutkan hanya membuang uang Anda dengan percuma.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi kreatif dan lebih hemat sehingga memungkinkan hidup Anda jadi lebih nyaman. Cara-cara  di atas hanya sebagian saja. Anda bahkan mungkin menyadari bahwa tidak perlu uang sebanyak yang Anda pikir sebelumnya untuk hidup nyaman.

Mulailah berpikir lebih rasional saat ingin mengeluarkan uang, karena hal ini akan lebih menjamin hidup dan keuangan Anda di masa depan.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini