Sukses

5 Cara Dapat Kerja Tanpa Harus Kirim Lamaran

Kini teknologi telah berkembang begitu cepat, proses penerimaan kerja tidak lagi harus didahului dengan mengirim lamaran.

Liputan6.com, Jakarta - Agar bisa diterima bekerja dan berhasil mendapat pekerjaan impian, seorang kandidat pegawai seringkali harus mengirim lamarannya. Hal ini yang nantinya akan dinilai oleh pihak perusahaan sebagai bahan pertimbangan untuk mempekerjakan seorang pegawai.

Tapi, di era di mana teknologi telah berkembang begitu cepat, proses penerimaan kerja tidak lagi harus didahului dengan mengirim lamaran. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapat pekerjaan impian tanpa harus mengirim lamaran ke pihak perusahaan.

Apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari careertoolbelt.com, Rabu (25/1/2017)

1. Isi data diri secara online

Beberapa perusahaan sering membuat situs pribadi yang bisa dipakai untuk menginformasikan lowongan kerja yang tersedia. Situs ini juga biasanya meminta Anda untuk mengisi data diri.

Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Tak menutup kemungkinan, Anda bisa mendapat tawaran pekerjaan tanpa harus mengirim lamaran.

2. Perluas jaringan

Jaringan yang luas sangat berpengaruh bagi proses penerimaan kerja seseorang. Apabila Anda kenal dengan orang dalam, kemungkinan Anda untuk diterima di pekerjaan tersebut pun lebih besar. Oleh karenanya, tidak ada salahnya Anda memperluas koneksi pertemanan yang dimiliki.

3. Tunjukkan kemampuan lewat email

Daripada mengirim lamaran, Anda bisa langsung mengirim email HRD perusahaan terkait tentang kemampuan yang dimiliki. Anda juga bisa memberikan penilaian terhadap sebuah perusahaan berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Tak jarang, hal ini bisa memikat pihak perusahaan lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil dunia maya

 

4. Tingkatkan profil di dunia maya

Banyak head hunter yang mencari kandidat pegawai dengan terlebih dahulu menelisik profil mereka di dunia maya. Situs seperti Linkedin sering dipakai kandidat pegawai untuk memperlihatkan resume yang dimiliki seraya meningkatkan profil di dunia maya.

5. Tunjukkan kemampuan yang dimiliki

Apabila Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, maka Anda dapat memperlihatkan kemampuannya dengan membuat blog pribadi yang berisi tulisan yang pernah Anda buat.

Selain itu, Anda pun bisa menunjukkan kemampuan dengan mengumpulkan portofolio dari beberapa pekerjaan yang telah dilakukan sambil meminta pendapat dari orang-orang yang telah bekerja dengan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini