Sukses

China Kurangi Kepemilikan, Rusia Beli Surat Utang AS

China dan Jepang diperkirakan menjual surat utang atau obligasi pemerintah AS untuk mendapatkan dana segar dan memperkuat ekonomi domestik.

Liputan6.com, Jakarta - China melepas surat utang atau obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS). Akan tetapi, hal ini tidak menunjukkan sinyal jelek untuk ekonomi AS dengan kepemimpinan Donald Trump.

Berdasarkan data yang dirilis Departemen Keuangan, kepemilikan China atas obligasi atau surat utang AS turun US$ 66 miliar pada November 2016 menjadi US$ 1,05 triliun. Ini enam bulan berturut-turut China mengurangi kepemilikan surat berharga AS.

Sejak Mei, kepemilikan China atas surat utang AS turun hampir US$ 195 miliar. Jepang pun menjadi pemegang terbesar atas utang AS pada Oktober. Meski demikian, Jepang juga mengurangi kembali kepemilikan surat berharga AS pada November sebesar US$ 23,3 miliar menjadi US$ 1,11 triliun.

Ini keempat kalinya Jepang menarik kembali utang AS serta memangkas sekitar US$ 46 miliar sejak Juli. Aksi jual ini dimulai sebelum Trump mengalahkan Hillary Clinton dalam pemilihan presiden. Oleh karena itu, tidak jadi alasan kalau China dan Jepang melepas obligasi AS hanya karena Trump.

Namun percepatan penjualan surat berharga pada November dapat menjadi indikasi lain kalau kebijakan stimulus yang diusulkan Trump akan meningkatkan pertumbuhan. Hal ini dapat membuat obligasi menjadi tidak menarik. Demikian mengutip laman CNN Money, seperti ditulis Selasa (24/1/2017).

Imbal hasil surat berharga akan naik ketika investor menjual obligasi. Pemegang obligasi akan melepas obligasi AS ketika mereka yakin ekonomi membaik.

Saat pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, obligasi menjadi investasi kurang menguntungkan dibandingkan dengan saham. Jadi tingkat suku bunga akan lebih tinggi jika stimulus Trump akan sukses.

Imbal hasil surat berharga tenor 10 tahun mencapai 2,62 persen pada pertengahan Desember 2016. Ini level tertinggi sejak September 2014. Kemudian imbal hasil turun dan berada di kisaran 2,45 persen. Ini menunjukkan ada pembelian obligasi dalam beberapa minggu terakhir.

Namun tak semua pemerintahan lainnya melepas surat berharga AS. Irlandia, Brazil, Inggris dan Arab Saudi meningkatkan kepemilikan surta berharga. Demikian juga Rusia meningkatkan posisi kepemilikan surat berharga sekitar US$ 12 miliar.

Akan tetapi, nilai kepemilikan surat utang negara-negara itu masih kecil ketimbang China dan Jepang. Oleh karena itu, perlu diperhatikan China dan Jepang mungkin menjual obligasi karena membutuhkan uang tunai untuk mendukung ekonomi domestik negara tersebut.

Apalagi China berusaha untuk meningkatkan nilai mata uangnya, yuan, agar membuatnya lebih menarik di pasar global.

Terkait dampak kenaikan suku bunga bank sentral AS terhadap imbal hasil obligasi, hal itu diperkirakan dapat membantu mendorong imbal hasil obligasi lebih tinggi. Bill Gros, analis obligasi Janus, menyatakan, imbal hasil obligasi akan lebih tinggi terutama pada awal pemerintahan Donald Trump.

Namun perlu dicermati juga kebijakan bank sentral Jepang dan Eropa yang tetap mempertahankan suku bunga rendah. Ini juga akan memberi tekanan untuk suku bunga AS. Demikian stimulus Trump.

Gross mengatakan, imbal hasil obligasi AS akan berada di kisaran 2,6 persen dan merupakan kunci utama untuk pasar obligasi. Jika tingkat suku bunga lebih tinggi lagi, maka akan menekan pasar obligasi, dan investor akan menjual obligasi AS seiring bunga tinggi.

"Perhatikan level 2,6 persen. Ini lebih penting dari Dow Jones di level 20.000, dan lebih penting dari harga minyak lebih dari US$ 60 per barel, dan lebih penting dari dolar AS dan euro. Ini kunci untuk tingkat suku bunga dan saham pada 2017," tulis Gross.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini