Sukses

Chatib Basri: Ketidakpastian Dunia Saat Ini Hanya Trump

Mantan Menkeu Chatib Basri menuturkan saat pidato pelantikan presiden AS Donald Trump menegaskan laksanakan kebijakan perdagangan proteksi.

Liputan6.com, Jakarta - Donald Trump kini resmi memimpin Amerika Serikat (AS). Kepemimpinan Donald Trump sebagai presiden AS menyita perhatian banyak pihak karena dianggap membawa ketidakpastian global.

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri bahkan menyebut, ketidakpastian global saat ini justru tertuju pada Trump. Bukan pada AS sebagai sebuah negara.

"Ketidakpastian yang paling besar adalah Trump, bukan Amerikanya," kata dia dalam acara bertajuk Indonesian Economic Outlook 2017, di Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Dia pun mengaku kaget. Lantaran dalam pelantikannya Donald Trump tak mengubah misinya yang mengedepankan kepentingan AS. "Saya kaget waktu inagurasinya masih seperti kampanye," ujar dia.

Dengan kondisi tersebut, dia mengatakan pesan yang disampaikan Trump jelas. Dia bilang, Trump akan menerapkan proteksionisme. "Pesannya jadi clear proteksionis," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini