Sukses

5 Hal Ini Bisa Kurangi Stres Saat Bekerja

Pekerjaan adalah salah satu penyebab utama orang mengalami stres.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja merupakan kegiatan yang dilakukan sehari-hari oleh setiap orang. Beberapa penelitian banyak yang menyebutkan bahwa pekerjaan adalah salah satu penyebab utama orang mengalami stres.

Kualitas hidup bisa jadi sangat berkurang akibat kelelahan karena banyaknya tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan, terburu-buru saat berangkat kerja atau menghadapi kemacetan di saat pergi maupun pulang kerja. Tak jarang kondisi seperti itulah yang menyebabkan orang menjadi kurang sehat dan stres meskipun mereka produktif.

Meski begitu, Anda tidak boleh kalah dengan keadaan dan tuntutan kerjaan yang dihadapi setiap harinya, ada hal-hal yang dapat dilakukan demi mengurangi stres saat  bekerja sehingga menjadikan Anda tetap sehat. Berikut ulasannya seperti dilansir laman Pulse:

1. Mengatur area kerja

Aturlah area kerja untuk membuat perasaan menjadi lebih baik, seperti menjaga ruang tetap bersih, bebas dari kebisingan atau suasana meja yang berantakan di tempat kerja. Hal ini biasanya akan membuat suasana dan pikiran menjadi lebih baik.

Dengan ruangan kerja yang terorganisir bisa membantu untuk merangsang mental menghilangkan stres atau ketegangan dalam bentuk apapun.

2. Menjaga postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang buruk seringkali mempengaruhi kondisi dan pikiran serta akan berdampak untuk jangka panjang. Postur tubuh seperti itu biasanya bisa berefek dengan kesehatan Anda antara lain sakit punggung, sakit kepala, atau dehidrasi.

Karenanya untuk mengurangi stres di tempat kerja, jaga postur tubuh tetap baik seperti saat duduk di depan komputer, mulai dari kaki Anda harus menyentuh lantai, punggung harus lurus, dan leher harus berada dalam posisi netral.

3. Istirahat sesekali

Duduk dan bekerja terus sepanjang hari dampaknya buruk bagi kesehatan mental dan fisik, usahakan setiap sekali dalam beberapa jam untuk beristirahat sejenak. Tentu saja beristirahat sesekali penting dilakukan demi menyegarkan dan untuk meringankan tubuh serta mengistirahatkan mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merenggangkan badan

4. Berjalan-jalan atau merenggangkan badan

Cara lain yang dapat dilakukan adalah berjalan-jalan atau meregangkan tubuh sesekali. Duduk diam di tempat sepanjang hari juga berbahaya untuk tubuh. Jika memungkinkan lakukan latihan kecil seperti olahraga ringan agar tubuh tetap rileks.

5. Makan dan minum

Jangan membiasakan memulai pekerjaan tanpa makan atau sarapan terlebih dahulu. Makanlah makanan yang seimbang setiap harinya hal ini membantu mengisi bahan bakar tubuh. Selain itu juga memberikan tubuh kekuatan untuk tetap sehat saat bekerja.

Minum air yang banyak untuk menjaga tubuh terhidrasi. Pastikan tubuh sarat dengan kelembaban agar tetap berfungsi dengan baik.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.