Sukses

XL Axiata dan Bumi Resources Masuk Jajaran Saham Teraktif

Otoritas bursa memasukkan tiga saham yaitu PT Bumi Resources Tbk, PT XL Axiata Tbk dan PT PP Properti Tbk masuk indeks LQ45.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah merilis daftar saham yang masuk indeks LQ45 atau saham paling likuid di pasar modal Indonesia periode Februari-Juli 2017.

Saham-saham yang masuk dalam daftar indeks LQ45 terbaru periode Februari-Juli 2017 antara lain saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT XL Axiata Tbk (EXCL), dan PT Properti Tbk (PPRO).

Sedangkan saham-saham yang dikeluarkan dari indeks LQ45 periode Februari-Juli 2017 yaitu PT Global Mediacom Tbk (BMTR), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), dan PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO).

Analis PT NH Korindo Securities Bima Setiaji menuturkan, kriteria masuk indeks saham LQ45 memperhatikan likuiditas saham. Saham-saham yang masuk indeks LQ45 merupakan saham paling likuid di BEI dari sisi nilai transaksi. Sedangkan kalau dari fundamental, menurut Bhima kurang diperhatikan.

"Akhir-akhir ini jika dlihat dari nilai transaksi dari saham Bumi Resources, XL Axiata, dan PP Properti mencapai ratusan miliar dan bahkan triliunan rupiah per hari sehingga bisa masuk indeks saham LQ45," ujar Bima saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (25/1/2017).

Ia menambahkan, bagi beberapa investor dan manajer investasi, likuiditas saham sangat penting. Lantaran saham yang likuid dapat diprioritaskan lebih banyak ketimbang yang tidak likuid. Jadi dengan masuk saham PT Bumi Resources Tbk, PT XL Axiata Tbk dan PT PP Properti Tbk menjadi komponen indeks saham LQ45 dapat diperhatikan untuk perdagangan saham ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini