Sukses

Bangun Kapal Modern, Kemenhub Anggarkan Rp 200 Miliar per Tahun

Kemenhub mengal‎okasikan anggaran untuk perkapalan sebesar Rp 1 triliun dalam 5 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Upaya menumbuhkan pelayaran rakyat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 200 miliar pada tahun ini.

Anggaran tersebut akan digunakan sebagai subsidi dalam pembuatan kapal yang lebih modern guna menunjang pelayaran rakyat ini.

‎Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah mengal‎okasikan anggaran untuk perkapalan sebesar Rp 1 triliun dalam 5 tahun. Ini artinya akan ada Rp 200 miliar subsidi yang digelontorkan tiap tahun.

"Akan ada subsidi pembuatan kapal. Kita sediakan dalam 5 tahun sebesar Rp 1 triliun, sehingga subsidi Rp 200 miliar per tahun," ujar dia di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

‎Namun menurut Budi, lokasi anggaran ini akan terlaksana setelah ada lembaga yang menjamin terlaksanakan program pelayaran rakyat.

"Pertanyaannya, apakah pemda, asosiasi atau individu yang menjalankannya?. Apabila sudah ada lembaga yang menjamin itu terlaksana, maka kita akan laksanakan," dia menuturkan.

Selain itu, kata Budi, pihaknya juga menyediakan anggaran sebesar Rp 300 miliar untuk program pendidikan vokasi bagi para pelaut. Dalam program ini, Kemenhub ‎akan menyekolahkan sebanyak 50 ribu calon pelaut secara gratis.

"Program ini sudah mulai dijalankan, kemarin di Sulawesi Selatan. Antusiasnya bagus, orang-orang pulang (lulus dari sekolah pelayaran) memiliki passion dengan pelayaran ini. Oleh karenanya, saya harap pada pemimpin daerah menyiapkan orang-orang yang akan diberikan kesempatan pembelajaran ini," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.