Sukses

4 Cara Menikmati Akhir Pekan yang Berkualitas

Seringkali, liburan diartikan sebagai waktu untuk menghabiskan uang. Tapi, tanpa disadari kita kehilangan waktu untuk beraktivitas fisik.

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali, liburan diartikan sebagai waktu untuk menghabiskan uang atau berbelanja. Tapi, tanpa disadari kita kehilangan waktu untuk menghabiskan akhir pekan dengan aktivitas fisik atau aktivitas lain yang menyenangkan.

Berikut ini beberapa cara untuk menikmati akhir pekan yang berkualitas seperti dikutip dari Karir.com:

1. Biasakan untuk memiliki jadwal tidur yang sama

Mungkin Anda sudah terbiasa memiliki kegiatan aktif saat hari libur. Tapi, masih banyak yang belum terbiasa untuk tidur dan bangun di waktu yang sama seperti hari biasa meskipun hari libur.

Padahal, kalau Anda tidak membedakan waktu tidur dan bangun hari biasa dan hari libur akan menjauhkan Anda dari perasaan mager (malas gerak) saat dihadapkan dengan hari senin.

2. Jalan-jalan di pagi hari

Katanya, saat liburan tiba Anda bisa bangun siang. Nyatanya, banyak dampak negatif kalau bangun kesiangan. Jadi, biasakan tetap bangun pagi dan beraktivitas beda dari biasanya.

Jika biasanya Anda menghabiskan pagi dengan mempersiapkan diri sebelum ke kantor, saat hari libur cobalah untuk melakukan aktivitas santai seperti jalan-jalan di pagi hari. Jalan pagi bukan hanya menyehatkan tetapi juga menyegarkan lho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dekat dengan alam



3. Jadikan alam sebagai rutinitas liburan yang wajib dinikmati

Nah, Anda juga bisa melakukan jalan pagi di alam terbuka seperti taman. Sebagian dari kita pasti pernah mendapati adanya ketenangan saat menikmati alam. Karena hangatnya sinar matahari pagi, angin yang berhembus, serta udara segar tidak bisa kita dapatkan jika hanya berolahraga di dalam ruangan.

Menurut Brendan Rolfe, DipA, PTS, NWS, pelatih olahraga sekaligus spesialis functional movement di Vancouver dalam tulisannya di alive.com, berolahraga di luar ruangan dapat meningkatkan energi positif, serta menurunkan rasa marah, tegang, bingung, dan depresi.

4. Komitmen meluangkan satu hari untuk bersenang-senang

Jangan pernah menjadikan semua hari untuk bekerja, karena tubuh Anda butuh beristirahat, sama halnya dengan pikiran Anda. Luangkan setidaknya satu hari untuk bersenang-senang.

Anda bisa mengajak keluarga melakukan aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, seperti bermain tenis, badminton, atau permainan lainnya. Lambat laun, aktivitas santai ini akan menjadi rutinitas bagi Anda maupun keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.