Sukses

Menteri BUMN Tinjau Program Bina Lingkungan BRI di Kuta Mandalika

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Rini M Soemarno beserta Direktur utama Bank PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam meninjau langsung implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Bina Lingkungan BRI Peduli di daerah Kuta Mandalika, Desa Wisata Ende dan Desa Sembalun Rinjani.

Peninjauan ini dilakukan di sela kegiatan perayaan ulang tahun bersama BUMN yang digelar di Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (27/1/2017).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Rini melakukan dialog langsung dengan peserta pendidikan yang terdiri dari pedagang asongan dan pengusaha homestay.

“Setelah pendidikan dan pelatihan, peserta diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas produk, layanan dan jasa dalam rangka mengembangkan wisata yang ramah dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang ke Mandalika," ujar Rini. 

Bank BRI telah melakukan preliminary survey ke lokasi untuk memastikan program pemberian bantuan tepat sasaran. Adapun dana yang disiapkan mencapai Rp 1,4 miliar yang terdiri dari CSR di bidang lingkungan, bidang pendidikan/pemberdayaan SDM dan bidang sosial (seni dan budaya).

Bantuan yang direkomendasikan, berupa pelatihan dan pendidikan pedagang asongan di Kuta dan sekitarnya, pelatihan dan pendidikan hospitality kepada pemilik homestay di Kuta Mandalika dan sekitarnya.

Kemudian pembangunan workshop home industry tenun di Desa Ende, donor darah yang diikuti sejumlah pekerja BUMN dan masyarakat lokal, pemberian bantuan 10 mesin motor perahu tempel di Desa Kuta serta renovasi tiga rumah guru di Desa Sembalun, Rinjani.  

Program bimbingan dan pelatihan bagi pedagang asongan dan pengusaha homestay diselenggarakan secara menyeluruh. Para pelaku UKM diberikan pembimbingan berupa pembekalan materi seperti materi strategi marketing, kemasan, psikologi pelayanan hingga materi perbankan.

Kegiatan CSR dilakukan dalam rangka penguatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan kualitas usaha atau ekonomi. 

“Bank BRI menggelar berbagai kegiatan CSR di Mandalika untuk membangun, meningkatkan dan terus memperkuat perekonomian mikro di wilayah Mandalika dan Sekitarnya,” tutur Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga Amijarso. 

UKM merupakan pelaku sektor industri yang menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia dan sudah memberikan kontribusi lebih dari 50 persen terhadap PDB Indonesia. 

Saat ini, diperkirakan jumlah UMKM di Indonesia berjumlah sekitar 57 juta usaha dengan komposisi UMKM yang masih didominasi pada usaha berskala mikro.  

Tidak hanya itu, Menteri BUMN juga ikut berpartisipasi dalam aksi di antara 300 peserta donor yang berasal dari keluarga besar pegawai perusahaan BUMN yang berada di wilayah tersebut.  

Program homestay diharapkan akan meningkatkan jumlah wisatawan ke wilayah Mandalika dan sekitarnya.  Mandalika termasuk dalam salah satu destinasi wisata yang menjadi prioritas Presiden Joko Widodo.  

Usai pembimbingan dari Bank BRI, diharapkan target jumlah wisatawan ke Mandalika akan tercapai.

“Bank BRI berkomitmen untuk terus membantu pengusaha UMKM dalam rangka pengembangan usahanya melalui program homestay.  Kegiatan wisata di Mandalika juga diharapkan akan semakin berkembang sejalan dengan program wisata yang ditetapkan Pemerintah,” tutup Hari.

Artikel Selanjutnya
BNI Kembangkan Branchless Banking di Kawasan Borobudur
Artikel Selanjutnya
Rincian Program Pemerataan Ekonomi Presiden Jokowi