Sukses

Menteri Jonan Ubah Bahan Bakar Kapal Nelayan Bali Jadi BBG

Kementerian ESDM mengubah bahan bakar kapal nelayan di Bali dari BBM ke BBG.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengubah bahan bakar kapal nelayan di Karang Asem Bali, dari bahan bakar minyak (BBM) menjadi bahan bakar gas (BBG).

‎Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, nelayan di Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem, Bali  telah menerima 625 unit paket alat pengubah konsumsi (konveter kit) BBM ke BBG berupa Liquified Petroleum Gas (LPG), yang merupakan bagian Tahun Anggaran (TA) 2016.

‎ “Kami khususkan bagi nelayan kecil yang memiliki kapal perikanan yang menggunakan mesin motor tempel atau mesin dalam yang beroperasi harian (one day fishing),” kata Jonan, di Jakarta, Sabtu (28/1/2017).

‎Jonan mengungkapkan, program ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam diversifikasi BBM ke BBG dan untuk meningkatkan ketahananan energi dan perekonomian masyarakat nelayan serta menekan subsidi BBM.

"Sesuai arahan Presiden, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ini uangnya rakyat, jadi dikembalikan ke rakyat seoptimal mungkin," tutur Jonan.

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) menugaskan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pelaksanaan program penyediaan dan pendistribusian LPG 3 kg untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil.

‎Kriteria nelayan yang  layak mendapat  paket perdana konversi BBM ke BBG, antara lain nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT),  yang memiliki bahan bakar bensin atau solar dan kapal yang digunakan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

Sedangkan jenis alat tangkap yang digunakan adalah alat tangkap yang ramah lingkungan, serta belum pernah menerima bantuan sejenis dari Pemerintah Pusat, Daerah atau Badan usaha.

Dengan menggunakan LPG, para nelayan akan menghemat pengeluaran harian  sebesar 24,69 persen atau sekitar Rp 11.150 per hari  jika harga LPG non subsidi per tabung sebesar Rp 34 ribu, dibanding menggunakan BBM dengan kebutuhan melaut ‎per hari.

Sedangkan jika menggunakan LPG bersubsidi dengan harga Rp 17 ribu, bisa menghemat hingga 62,35 persen atau sekitar Rp 28.150 per hari.

“Ini memberikan dampak positif bagi ekonomi nelayan karena mereka bisa menghemat pengeluaran biaya bahan bakar,” tutup  Jonan.  


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini