Sukses

Kereta Antar Terminal Bandara Soetta Selesai Juni Tahun Ini

Pengembangan infrastruktur dan layanan Bandara Soekarno Hatta terus dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Pengembangan infrastruktur dan layanan Bandara Soekarno Hatta terus dilakukan. Salah satunya adalah layanan Automated People Mover System APMS) yang ditargetkan tahun ini selesai.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, beberapa pekerjaan yang tengah dikebut adalah kereta bandara dan kereta antar terminal atau APMS.

"APMS kita targetkan Juni tahun ini sudah beroperasi," kata Awaluddin ditemui di Lombol, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan, saat ini layanan kereta yang akan bergerak antar terminal seperti Skytrain di Bandara Changi Singapura ini tengah dalam tahap konstruksi. Baik dari sisi railway alias jalurnya maupun kereta yang akan didatangkan dari Korea Selatan.

"Sekarang kita sedang genjot yang konstruksi rail sudah harus selesai pada April, kemudian train set dari Korea Selatan akan selesai Mei dan instalasi segala macam, selesai Juni," tuturnya.

Kereta APMS akan menggunakan jenis driverless, atau otomatis tanpa masinis. "Invetasinya sekitar Rp 1,1 triliun total," katanya.

Awaluddin juga menyebutkan, kereta bandara juga tengah dikebut. Angkasa Pura II menargetkan stasiun untuk kereta bandara akan selsai pada Maret tahun ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini