Sukses

Jokowi Minta Penggunaan Anggaran Harus Efektif

Presiden Jokowi mengingatkan agar para menteri dan kepala lembaga berorientasi pada hasil yang akan dicapai dalam pelaksanaan program.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri dan kepala lembaga untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran dalam rangka mencapai target pem‎erintah.‎

Dia juga mengingatkan agar penggunaan anggaran harus bersifat efektif dan produktif.

Ini disampaikan Jokowi pada pembukaan sidang kabinet paripurna yang membahas mengenai Rencana Kerja Pemerintah (RKAP) tahun 2018 dan kerangka ekonomi makro serta pokok-pokok kebijakan fiskal 2018.

Jokowi mengingatkan agar para menteri dan kepala lembaga berorientasi pada hasil yang akan dicapai dalam pelaksanaan program pemerintah. Namun dia juga menghimbau dalam pelaksanaannya tetap mengikuti prosedur yang ada.

"Jadi orientasi kita adalah orientasi hasil, bukan orientasi prosedur. Tapi prosedur tetap mengikuti," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Dia mengungkapkan, anggaran negara yang digunakan kementerian dan lembaga juga harus produktif dan berdampak langsung bagi masyarakat. Dengan demikian, angka kemiskinan dan kesenjangan bisa ditekan semakimal mungkin.
‎
"Penting sekali digarisbawahi. Membuka lapangan pekerjaan, mengentaskan kemiskinan dan menekan ketimpangan," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • anggaran

Video Terkini