Sukses

Top 3: Daftar Pemda yang Paling Banyak Simpan Uang di Bank

Artikel soal penyerapan anggaran pemda menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Meski telah mendapatkan anggaran cukup besar, ternyata beberapa daerah belum bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Kementerian Keuangan mencatat untuk pemerintah provinsi, total saldo yang masih tersimpan di bank mencapai Rp 28,16 triliun. Angka itu memang lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang saat itu Rp 60,6 triliun.

Tak heran, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong penyerapan anggaran di masing-masing instansi pemerintahan untuk secepat mungkin dan semaksimal mungkin dilakukan.

Artikel soal penyerapan anggaran pemda ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak rangkumann 3 berita paling dicari, Rabu (1/2/2017):

1. Ini Daftar Pemda yang Paling Banyak Simpan Uang di Bank

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong penyerapan anggaran di masing-masing instansi pemerintahan untuk secepat mungkin dan semaksimal mungkin. Tak hanya di pemerintah pusat, pemerintah daerah juga diharapkan semaksimal mungkin melakukan belanja anggaran.

Namun dalam kenyataannya, masih ada beberapa daerah yang hingga akhir 2016 masih belum membelanjakan anggaran dengan maksimal. Hal tersebut terlihat dari saldo pemda yang cukup besar di beberapa perbankan.

Dikutip Liputan6.com dari data Direktorat Jenderal Perimbangan, Rabu (1/2/2017), Kementerian Keuangan mencatat untuk pemerintah provinsi, total saldo yang masih tersimpan di bank mencapai Rp 28,16 triliun. Angka itu memang lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang saat itu Rp 60,6 triliun. Berita selengkapnya di sini.

2. RI Versus Malaysia, Mana yang Paling Terancam Kebijakan Trump?

Bank Indonesia (BI) memperkirakan Indonesia tidak akan terkena dampak yang besar dari kebijakan proteksi perdagangan Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Donald Trump. Akan tetapi, dampak tersebut akan justru akan dirasakan oleh Singapura dan Malaysia.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung mengatakan, secara umum, hubungan dagang Indonesia dengan AS tidak akan terganggu dengan kebijakan Trump. Ini karena proteksi perdagangan yang diterapkan Trump diarahkan ke Tiongkok.

"Ya tadi saya sampaikan bahwa dampak langsung kebijakan Trump terhadap perdagangan Indonesia tidak terlalu besar, tetapi lewat Tiongkok. Lewat dampak tidak langsung," ujar dia di Jakarta, seperti ditulis Rabu (1/2/2017). Berita selengkapnya di sini.

3. Mi Instan Asli Indonesia Laris Manis di Afrika Selatan

Produk mie instan Indonesia rupanya bukan hanya disukai masyarakat di dalam negeri. Mie instan juga laris di pasr luar negeri, salah satunya di Afrika Selatan.

‎Hal itu terbukti saat pameran Indonesian Coffee & Noodles Festival 2017 yang digelar di Irene, Centurion, Afrika Selatan pada 28 Januari 2017. Dalam pameran tersebut, masyarakat Afrika Selatan menyerbu stan Indomie dan berbagai sajian kopi Indonesia.

“Indonesia semakin gencar berpromosi ke pasar nontradisional, salah satunya Afrika Selatan. Di Afrika Selatan sendiri, kebutuhan dan minat masyarakat akan produk mi instan dan minuman kopi dari Indonesia cukup besar,” ujar Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg, Pontas Tobing dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (1/2/2017). Berita selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.