Sukses

3 Tips Keuangan agar Makin Kinclong di 2017

Apa saja yang harus Anda lakukan agar bisa sukses secara keuangan di 2017? Simak tips dari Perencana Keuangan Safir Senduk.

Liputan6.com, Jakarta - Selama 5 tahun terakhir, saya enggak pernah pergi kemana-mana setiap malam tahun baru. Di rumah saja, cuma dengar suara kembang api dari kejauhan.

Tapi menjelang Tahun Baru 2017 kemarin saya putuskan untuk merayakan Tahun Baru di kota yang jauh dari rumah, dan kebetulan kota itu punya atraksi kembang api Tahun Baru yang termasuk terbaik di dunia.

Pulang-pulang, tentu saja happy.

Ya, beda lokasi tentu saja beda suasananya. Tapi saya belajar bahwa pada intinya, dimana pun kita berada saat malam Tahun Baru, kita semua menginginkan hal yang sama di hati: semoga tahun 2017 segalanya bisa jadi lebih baik.

Sekarang, apa yang biasa kita lihat di Tahun Baru? Ya, betul: orang bikin resolusi. Di mana-mana orang bikin resolusi. Setelah setahun, sebagian resolusi itu ada yang tercapai, ada juga yang tidak. Tapi coba kita lihat, kebanyakan resolusi itu biasanya cuma semangat dibuat pas di awal, tapi paling bulan depan sudah dilupakan.

Mau tahu kenapa kebanyakan resolusi tidak tercapai dan mudah dilupakan? Karena kita seringkali hanya menetapkan hasil apa yang ingin dicapai, tapi tidak membuat action plan atau apa saja poin-poin yang harus dilakukan untuk mencapai hasil yang sudah diresolusikan.

Ibaratnya, kita bikin target, tapi tidak membuat rencana untuk mencapainya. Dalam keuangan juga begitu. Banyak orang bikin resolusi: Tahun ini harus punya tabungan, tahun ini harus terkumpul uang sekian, tahun ini harus punya asuransi, dan sebagainya dan sebagainya, tapi enggak ada rencana yang berisi tindakan nyata apa yang harus dilakukan.

Karena itu, kali ini saya akan beritahu apa saja yang harus Anda lakukan agar bisa sukses secara keuangan di tahun 2017 ini. Jadi, saya anggap saja Anda semua punya resolusi yang sama: Mencapai Sukses Keuangan di Tahun 2017.

Ini dia 3 hal yang harus Anda lakukan:

1. Miliki Penghasilan Tak Terbatas

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar bisa sukses secara keuangan di tahun 2017 ini adalah dengan membebaskan penghasilan Anda dari batasan angka tertentu tiap bulan.

Kalau Anda selama ini bekerja sebagai karyawan dengan jumlah gaji yang tetap setiap bulan, itu berarti Anda membatasi penghasilan Anda, dan otomatis juga membatasi jumlah yang bisa Anda investasi tiap bulan. Jangan batasi penghasilan Anda. Apa yang bisa Anda lakukan untuk bisa memiliki penghasilan tak terbatas?

Pertama adalah menjual keahlian. Mengajar, menulis, menjadi MC, menyanyi, apapun itu yang sifatnya menjual keahlian, bisa Anda jadikan sumber untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Enaknya di sini, biasanya makin lama Anda tekuni, orang akan makin kenal sama Anda, makin percaya sama Anda dan ujung-ujungnya makin besar pula bayaran Anda.

Kedua adalah menjual barang dan jasa. Anda bisa membeli barang dagangan apapun itu dari sebuah sumber dan menjualnya kepada orang disekitar Anda atau menjualnya melalui internet. Kalau Anda keberatan karena itu mungkin butuh modal yang tidak sedikit, Anda bisa juga jadi perantara alias agen atau broker.

Di sini, tugas Anda adalah mempertemukan orang yang menjual sesuatu dan mau membeli sesuatu. Kalau deal, maka Anda akan dapat komisi. Contohnya di sini adalah dengan menjadi agen properti atau agen asuransi. Banyak kok orang yang jadi karyawan sekaligus nyambi jadi agen. Banyak yang berhasil, lagi.

Ketiga - dan ini yang menurut saya paling ampuh untuk bisa mendapatkan penghasilan tak terbatas - adalah dengan membuka bisnis sendiri. Kalau Anda ingin mendapatkan penghasilan tak terbatas dari bisnis sendiri, tipsnya sederhana: jual barang dan jasa yang unik dan dibutuhkan serta lakukan duplikasi.

Sebagai contoh, Anda buka usaha kuliner. Anda tahu orang di kota Anda senang menu ayam. Anda bisa menjual menu ayam dengan nama yang unik yang belum pernah ada sebelumnya. Setelah itu, kalau misalnya laku, pelan-pelan Anda bisa melakukan duplikasi usaha dengan membuka cabang. Membuka cabang memungkinkan Anda untuk melakukan duplikasi omzet, dan di situlah Anda akan mendapatkan penghasilan tak terbatas.

2. Lakukan Investasi yang Tepat

Kekayaan seseorang tidak dilihat dari besar penghasilannya tiap bulan, tinggi jabatannya di kantor, atau banyaknya Barang Konsumtif yang dia punya di rumah seperti tas atau handphone bermerknya, tapi dari banyaknya Investasi yang dia punya.

Pertanyaannya sekarang: sudah seberapa banyak investasi yang Anda punya sampai saat ini? Kalau belum, maka tahun ini adalah saat yang tepat untuk Anda mulai berinvestasi. Nah, sekarang tinggal bagaimana Anda bisa memilih investasi yang tepat dari banyaknya pilihan investasi yang ada.

Buat Anda yang sekarang sudah punya investasi, apakah investasi yang Anda lakukan sekarang sudah tepat? Akan ada banyak waktu yang diperlukan hanya untuk membahas tentang investasi karena bagaimanapun yang namanya investasi harus disesuaikan dengan tujuan pribadi Anda dan seberapa lama jangka waktu yang Anda butuhkan sampai Anda akan mengambil kembali uang investasi Anda.

Tapi, dengan asumsi bahwa uang yang Anda investasikan ini betul-betul menganggur dan investasi yang Anda lakukan adalah untuk jangka panjang, maka berikut ini adalah Investasi yang bisa Anda lakukan di tahun ini untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal: investasi saham di pasar modal dan turunannya.

Ya, memiliki saham di pasar modal sama seperti Anda memiliki perusahaan sendiri, tanpa Anda perlu ikut membangun perusahaan tersebut dari awal dan tanpa perlu terlibat di manajemen perusahaan itu, karena Anda toh punya pekerjaan utama, entah sebagai karyawan atau ibu rumah tangga.

Pada saham, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari jual beli alias trading, dan Anda juga bisa mendapatkan untung dari dividen alias pembagian laba. Ini yang saya sarankan, jangan fokus cari untung di trading, tapi fokus cari untung dari dividen. Kenapa? Karena Anda punya pekerjaan utama.

Agak repot kalau Anda jadi karyawan di sebuah perusahaan sekaligus melakukan trading, salah satunya biasanya pasti kalah. Jadi, fokuslah membeli saham dengan mengharapkan dividen. Bagaimana caranya? Pelajari dulu kondisi keuangan perusahaan tersebut sebelum membeli sahamnya, dan perhatikan seperti apa prospeknya ke depan.

Selain investasi langsung di saham, Anda bisa juga berinvestasi di produk turunannya seperti reksa dana saham. Pada reksa dana, Anda tinggal menaruh uang Anda, dan nanti akan ada manajer investasi yang akan menaruh uang tersebut di sejumlah saham. Anda tinggal tunggu report-nya saja setiap bulan dan melihat perkembangan harga reksa dana itu.

3. Atur Pengeluaran

Tahun 2017 menurut saya adalah tahun di mana godaan belanja akan makin luar biasa. Produsen makin inovatif dan kreatif menemukan dan menjual produk-produk baru, lengkap dengan segala macam cara pembayaran yang makin memudahkan Konsumen untuk bisa membelinya.

Saya pikir, apa yang harus kita lakukan adalah dengan mendahulukan prioritas. Pastikan bahwa pengeluaran yang Anda lakukan sudah mendahulukan apa yang seharusnya Anda bayar terlebih dulu, seperti kewajiban-kewajiban dan segala kebutuhan Anda. Kalau itu sudah dibayarkan, silakan membeli barang dan jasa yang memang Anda inginkan.

Hal lain yang harus Anda waspadai juga adalah bahwa ada sebagian pengeluaran yang sebetulnya bisa Anda hindari untuk bayarkan dengan cara mengambil asuransi. Anda tiba-tiba sakit dan masuk rumah sakit misalnya, akan merepotkan kalau Anda harus membayar sendiri karena biasanya jumlahnya cukup besar.

Jadi, pertimbangkan ambil asuransi kesehatan. Kalau Anda punya kendaraan, juga akan repot kalau ada apa-apa dengan kendaraan itu. Jadi, ambil juga asuransi kendaraan.

Nah, itu tadi tiga hal yang harus Anda lakukan agar keuangan Anda makin kinclong di tahun 2017 ini: Miliki Penghasilan Tak Terbatas, Lakukan Investasi yang Tepat dan Atur Pengeluaran.

Semoga bermanfaat.


Safir Senduk & Rekan
Telepon (021) 27830160
HP 081808152003 (Dala Rizfie - Manajer)
Twitter/Instagram: @SafirSenduk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini