Sukses

KAI Ubah Rute KA Lokal Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Purwakarta

PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta terhitung mulai tanggal 9 Februari 2017 akan melakukan perubahan relasi beberapa rute

Liputan6.com, Jakarta PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta terhitung mulai tanggal 9 Februari 2017 akan melakukan perubahan relasi KA Lokal Jakartakota - Cikampek dan Jakartakota - Purwakarta.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto menjelaskan, perjalanan KA Lokal tersebut, yang biasanya melayani relasi Jakartakota - Cikampek & Jakartakota - Purwakarta (PP) akan berubah menjadi relasi Tanjungpriok – Cikampek & Tanjungpriok – Purwakarta (PP).

Perubahan relasi KA Lokal ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan penumpang serta lalu lintas KA yang ada di Stasiun Jakartakota. “Terlalu padatnya penumpang di Stasiun Jakartakota, tentunya akan membuat tidak nyaman. Selain itu, kami juga ingin menghidupkan kembali Stasiun Tanjung Priok," kata Suprapto dalam keterangannya, Rabu (1/2/2017).

Suprapto menambahkan, jumlah penumpang KA Lokal ini sendiri di Stasiun Jakartakota bisa mencapai 4.000 orang. Angka tersebut belum ditambah dengan jumlah penumpang KRL yang mencapai 30.000 orang perharinya. Sedangkan jumlah perjalanan KA di stasiun Jakartakota bisa mencapai 454 KA dalam 1 hari.

"Dengan dialihkannya jadwal stasiun awal pemberangkatan KA Lokal Jakarta – Cikampek & Jakarta – Purwakarta dari Stasiun Jakartakota ke Stasiun Tanjungpriok, diharapkan stasiun Tanjungpriok bisa menunjukkan geliatnya lagi,” tambah dia.

Rangkaian KA Lokal Tanjungpriok - Cikampek dan Tanjungpriok - Purwakarta terdiri dari 8 kereta ekonomi, dengan jumlah tempat duduk 848 kursi. KA ini mempunyai kapasitas angkut 1.272 penumpang, dengan batas toleransi 150% dari tempat duduk. Ada 10 perjalanan KA yang dijalankan tiap harinya, dimana tarifnya berkisar antara Rp 5.000 – Rp 6.000 (tergantung tujuan). (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini