Sukses

Ingin Karier dan Bisnis Cemerlang? Ikuti Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Setiap profesional pasti pernah memiliki keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan pekerjaan dan ​usahanya. Sebab itu mereka perlu untuk terus belajar ​agar tidak gagal kembali dan belajar ​lagi untuk bisa berhasil​.​

Ada cara-cara yang  bisa dilakukan jika ingin mendulang kesuksesan dalam berkarier dan berbisnis. Kegagalan sebelumnya pun bisa dijadikan pengalaman dalam menjalankan bisnis dan karier.

Ya, kegagalan merupakan guru paling efektif untuk Anda terus belajar bagaimana menjadi lebih baik, lebih efektif, dan lebih berharga saat menghadapi kesulitan.

Melansir laman Fee.org, Senin (6/2/2017), berikut 12 taktik yang bisa Anda lakukan jika ingin karier cemerlang:

1. Menulis setiap hari

Menulis penting bagi setiap profesional di bidang apapun. Cara terbaik untuk mengasah kemampuan adalah dengan berlatih.

Manfaatkan akses yang Anda miliki, libatkan teman untuk melihat tulisan Anda. Menulis bisa dimulai dengan membuat blog pribadi, dan lihatlah bagaimana tanggapan orang dengan tulisan tersebut.

2. Promosikan diri Anda

Promosikan diri sendiri sebelum bos Anda yang mempromosikannya. Mulailah lengkapi profil lewat situs di media sosial , seperti melengkapi profil di LinkedIn. Posting pekerjaan Anda di media sosial.

Banggalah dengan apa yang Anda lakukan, dan pastikan bahwa Anda adalah orang pertama yang dipikirkan orang lain ketika ingin mencari tenaga kerja baru (tentu saja sesuai dengan bidang Anda).

3. Bicaralah

Jangan menunggu orang untuk membaca pikiran Anda, terutama menyangkut masalah produktivitas atau kepuasan kerja yang sudah dilakukan. Mintalah saran atau bicara dengan seseorang yang bisa dipercaya untuk melihat bagaimana mereka bisa membantu Anda mengatasi masalah.

Sebaliknya, jika seseorang minta pendapat Anda untuk hal yang sama, lakukan hal itu dan beri pendapat yang sebenarnya dan terbaik yang Anda ketahui.

 

1 dari 3 halaman

Susun Rencana

4. Susun Rencana

Rencanakan situasi yang Anda inginkan sebagai seorang profesional untuk tahun depan, lima dan sepuluh tahun ke berikutnya.

Rencana memang bisa saja berubah, tetapi dengan membuat uraian apa yang akan Anda lakukan selanjutnya di tahun-tahun mendatang, akan membantu membuat dan memanfaatkan peluang menuju sukses yang ada saat ini yang akan mempersiapkan Anda untuk hal berikutnya.

5. Cari mentor yang tepat

Temuilah orang yang tepat untuk menjadi mentor bagi Anda, cari perhatian dan bergabunglah dengan orang-orang yang pernah dan sudah sukses.

Anda akan banyak belajar dari orang-orang sukses tersebut, karena hidup perlu terus belajar dari orang lain. Jangan pernah lewatkan kesempatan untuk terus berhubungan secara teratur dengan seseorang yang karirnya ingin Anda ikuti.

Dalam hidup, terkadang sukses adalah semua tentang siapa yang Anda kenal.

6. Peduli dengan penampilan

Kesan pertama ketika melihat orang, biasanya dilihat dari penampilan. Seperti ungkapan orang yang sedang jatuh cinta “Cinta pada pandangan pertama”, karena biasanya kita membuat penilaian cepat berdasarkan apa yang kita lihat sekilas.

Jika penampilan Anda sudah memikat dan berkesan di awal, ini bisa menjadi jalan untuk setidaknya meyakinkan orang lain dan memudahkan Anda saat ingin melakukan komunikasi berkelanjutan.

2 dari 3 halaman

Lakukan hal-hal berharga

7. Lakukan hal-hal berharga

Seperti yang dibayangkan untuk tujuan yang Anda inginkan, jika bekerja lakukanlah dengan hati dan serius dengan apa yang sedang dikerjakan sehingga Anda dan orang lain pun puas dengan setiap pekerjaan yang Anda lakukan.

Jadilah seseorang yang dikenal karena sering melakukan hal-hal berharga untuk orang lain.

8. Minta dukungan dari orang-orang terdekat

Bekerja dan menjalankan usaha perlu dukungan dari orang lain, khususnya orang terdekat seperti keluarga atau teman kerja. Jika melakukan hal yang menurut Anda benar, tanya pendapat mereka dan minta saran jika yang Anda lakukan dirasa belum baik.

Selain itu identifikasi pesaing dan mitra bisnis Anda agar Anda lebih paham dunia bisnis dan pekerjaan Anda demi usaha mencapai kemajuan dan sukses.

9. Jangan takut

Tidak peduli seberapa pintar, terkenal dan berhasilnya orang lain. Anda jangan takut yang penting harus terus maju dan berusaha terus jika ingin berhasil dan mencapai sukses.

Satu-satunya yang dimiliki banyak orang sukses adalah kaya akan pengalaman. Jangan pernah merasa kecil, sebaliknya dekati dan bicara dengan mereka, karena mungkin saja Anda justru mendapatkan keuntungan dari pengalaman mereka dan bisa saja malah menjadi rekan bisnis yang semakin menguatkan bisnis dan usaha yang sedang Anda jalani.​