Sukses

Pemerintah Akan Integrasikan Jaringan Gas di Kalimantan Timur

Pembangunan jaringan gas di Kalimantan Timur tidak hanya ‎untuk jaringan rumah tangga tetapi juga industri.

Liputan6.com, Balikpapan - Pemerintah berencana membangun jaringan gas terintegrasi di seluruh kota dan kabupaten di Kalimantan Timur. Pembangunan jaringan gas ini untuk mendorong perekonomian dan meningkatkan penggunaan gas.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pembangunan jaringan gas di Kalimantan Timur tidak hanya ‎untuk jaringan rumah tangga tetapi juga industri. Langkah ini diharapkan bisa mendorong kegiatan ekonomi.

‎"Kita punya rencana bangun infrastruktur gas yang terintegrasi di Kalimantan Timur, akan menghubungkan semua kota tidak jargas tapi industri,"‎ kata dia di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (3/2/2017).

Menurut Wiratmaja, dengan adanya integrasi pipa gas pada seluruh Kabupaten Kota Kalimantan akan membuat pasokan gas‎ terjamin, karena  bisa dipasok dari berbagai sumur gas yang ada di sekitar wilayah tersebut. "Jadi, kalau ada yang habis bisa dipasok dengan lapangan lain," lanjut Wirat.

Dia mengungkapkan, untuk mengintegrasikan jaringan gas di Kalimantan Timur, akan dibangun pipa penyangga penghubung antar kota atau kabupaten, yang rencana pembangunannya dimulai pada tahun ini.

"Cuma sekarang belum ada penyangga antar kota, nanti antar kota ini yang dipakai. Kita maunya kota-kota di Kalimantan Timur tersambung semua," tutup Wirat.(Pe)/Nrm_


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.