Sukses

Pedagang Sambut Baik Penyaluran Gula Seharga Rp 12.500 per Kg

Biasanya harga gula pasir yang dijual di pasar tradisional di angka Rp 10 ribu-Rp 12 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Pedagang sambut baik langkah pemerintah yang akan ‎menyalurkan gula pasir seharga Rp 12.500 per kg. Hal ini sesuai dengan MoU antara produsen gula dan distributor yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Rahma (48) salah satu pedagang kebutuhan bahan ‎pokok di PD Pasar Jaya Pasar Mampang, Jakarta Selatan, mengatakan saat ini harga gula dipatok di angka Rp 14 ribu-Rp 15 ribu per kg. Kenaikan harga tersebut telah terjadi sejak pertengahan tahun lalu.

"Sekarang masih Rp 14 ribu. Kadang bisa naik Rp 15 ribu per kg. Itu kan sudah dari tahun lalu," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di ‎Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Dia mengungkapkan, biasanya harga gula pasir yang dijual di pasar tradisional sebesar Rp 10 ribu-Rp 12 ribu per kg. Dengan adanya intervensi pemerintah ini diharapkan harga gula pasir bisa kembali normal.

"Biasanya kan maksimal Rp 12 ribu. Kalau pemerintah mau kasih harga segitu (Rp 12.500) ya bagus. Jadi mudah-mudahnya bisa cepat turun," kata dia.

Selain gula, lanjut Rahma, harga sejumlah bahan ‎kebutuhan pokok masih normal. Namun dia khawatir curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir mengganggu distribusi sehingga berdampak pada harga.

"Kalau yang lain sih masih normal. Cuma hujannya lagi deres takutnya ganggu pasokan ke pasar. Ada kemungkinan harga barang bisa naik," tandas dia.

Berikut daftar harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Gula pasir Rp 14 ribu per kg

- Beras medium Rp‎ 10 ribu per kg

- Tepung terigu Rp 7.500 per kg

- Minyak goreng curah Rp 12 ribu per kg

- Telur ayam Rp 20 ribu per kg.

(Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.